Home » » Usaha Bisnis Penggemukan Sapi sangat menjanjikan dan menguntungkan

Usaha Bisnis Penggemukan Sapi sangat menjanjikan dan menguntungkan

oke sahabat pengunjung blog, pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputaran ide gagasan untuk membuka suatu usaha, dengan judul Bisnis usaha Penggemukan Sapi sangat menjanjikan dan  menguntungkan pada kesempatan sebelumnya admin blog juga telah membahas seputaran bisnis usaha dengan judul Cara usaha bisnis Ternak Ayam yang menghasilkan uang

oke, sobat dijaman era globalisasi saat ini, mencari pekerjaan semakin sulit, padahal kalau bisa dibilang indonesia adalah daerah yang sangat subur, tapi banyak rayatnya yang jadi bubur, karena sulitnya mencari pekerjaan yang bisa menjanjikan kesuksesan di negeri kita ini, Usaha bisnis adalah salah satu jalan dalam merangkai pekerjaan untuk menjadi sukses. 

kenapa saya sarankan anda usaha bisnis penggemukan sapi karena hasilnya yang sangat menjanjikan, dan menguntugkan, dan diperkirakan tidak membutuhkan modal yang cukup besar. usaha penggemukan sapi adalah sejenis usaha membesarkan dan menggemukan sapi pada masa terntu, sampai sapi tersebut mempunyai pasaran/harga jual yang memadai dalam nilai jual pasar.



Keuntungan  usaha Bisnis Penggemukan Sapi

Dalam sebuah usaha bisnis, pasti semua mencari keuntungan berapa sih perkiraan keuntungan yang bisa didapat dari usaha penggemukan sapi ?. misalnya kita asumsikan kita membeli peranakan sapi yang harganya 3 - 3,5 juta, kemudiaan kita penggemukan selama 10-12 bulan dan kemudia sapi tersebut kita jual laku 7-8 juta. maka kita bisa mendapat saldo sekitar 4,5 - 5 juta rupiah, per ekor jika kita melakukan penggemukan 10 ekor sapi saja kita sudah bisa mendapat saldo sekitar 45-50 juta rupiah perekornya.

gimana sobat tertarikkan, coba anda fikirkan sejenak, didalam dunia era globalisasi saat ini kita bisa mendapat keuntungan segitu, dengan modal yang tidak begitu besar. dan keuntunganya mencapai 100 -150 %. suatu trobosan yang sangat baguskan, ketimbang uang kita simpan tidak memdapatkan keuntungan apa2, kalaupun kita depositokan dibank pung palingan bunga dari deposito cuma berapa %. apalagi kalau kita tinggal di pedesaaan. banyak pakan dan lain sebagainya, untuk itu jika anda berminat dalam usaha Bisnis Penggemukan Sapi ada hal-yang perlu di pertimbangkan diantaranya sebagai berikut :
  1. modal
  2. lahan tempat
  3. pakan
  4. Pekerja
  5. jumlah sapi
Rintangan/Tantangan yang harus difikirkan dalam usaha Bisnis Penggemukan Sapi

setiap jenis usaha pasti memiliki sebuah rintangan, bukan dinamakan usaha jika tidak mempunyai rintangan, contoh bisnis jual beli harus memikirkan untung rugi, harus memikirkan barang kedaluarsa dan lain sebagainya. jadi, jika jangan takut akan sebuah rintangan kalau kita takut rintangan dan tantangan kapan kita akan maju dalam bisnis.

untuk usaha bisnis  Penggemukan Sapi  yang menjadi tantangan utama adalah, anda harus mempunyai modal, untuk pembelian sapi. yang kedua anda harus mempunyai lahan, tempat untuk beternak sapi dan lahan ladang untuk tanam rumput.


giman solusinya jika kita tidak punya modal? apakah kita tidak bisa menjalankan usaha Bisnis Penggemukan Sapi? tentunya ada solusinya diantaranya adalah  anda bisa bekerjasama terlebih dahulu dengan orang yang mempunyai modal, atau anda bisa meminjam modal kepada jasa penyediaan modal, dengan hitungan bunga yang minimum X 1 tahun. begitupun dengan lahan /tempat. bisa bekerja sama dengan orang yang memiliki lahan kosong yang tidak digunakan.

suplai pangan masih memungkinkan gak? yang dimaksut suplai pangan adalah suplai makanan sapi ditempat anda masih banyak gak, dan memungkinkan untuk usaha ternak sapi, karena jika anda susah untuk mendapatkan suplai makanan untuk sapai dikuatirkan akan ada pembekakan biaya pada suplai pangan dalam merawat sapi.

kendaraan seperti motor juga harus punya, guna untuk mengakut bahan pangan untuk sapi tersebut biar gak mengeluarkan harga sewa, dan yang terakhir adalah kandang untuk rumah tinggal sapi karena jika sapi kita kandangkan maka kesehatan dan pertumbuhan sapi akan lebih terjamin.

langkah-langkah dalam memulai usaha Bisnis Penggemukan Sapi

setelah anda mendapatkan dana dan tempat dalam usaha Bisnis Penggemukan Sapi maka langkah langkah selanjutnya dalam memulai usaha Bisnis Penggemukan Sapi adalah sebagai berikut
  • siapkan lahan untuk kandang dengan ukuran yang maksimal sesuai dengan jumlah sapi yang ada  tujuanya, agar sapi tidak terlalu berhimpitan dan usahakan dalam membuat kandang tinggi tidak mudah tergenang air hujan.
    .
    kemudian siapkan lahan tempat dan ditanami dengan rumput jagungan atau sejenisnya untuk suplai bantuan makanan buat sapi jika memang rumput dari luar susah didapatkan dengan perbandingan lahan seperempat hektar untuk 20 ekor sapi.
    .
    waktu pembelian bibit sapi penggemukan, belilah bibit sapi yang akan dibesarkan dan penggemukan disaat banyak orang banyak menjual sapi untuk kebutuhan mereka, misalnya disaat anak sekolah yang mau masuk kuliah dan lain sebagainya, karena diwaktu-waktu tersebut banyak orang menjualkan hasil ternak peliharaanya untuk biaya anaknya kuliah dan lain sebagainya. dan jangan lupa carilah sapi dengan bibit unggul seperti sapi dengan kain suntik, atau dari perindukan yang mempunyai poster induk besar dan sehat.
    .
  • setelah bibit sapi unggul anda dapatkan maka peliharalah dengan baik, dan beri makanan serta suplai vitamin yang baik, guna untuk pertumbuhan yang jauh lebih baik
    .
  • rawatlah sapi-sapi tersebut dengan baik misalnya kalau malam dikandangkan dan dalam kandang disiapkan makanan agar pertumbuhan daging sapi dan pertumbuhan badan sapi normal, yang menyebabkan harga sapi akan semakin meningkat. janagn lupa kalau sore selalu diasapi agar sapi merasa nyenyak dan nyaman dalam tidurnya.

langkah-langkah Penjualan /pemasaran  Sapi

setelah anda melakukan langkah-lanngkah dalam memulai dan merawat sapi sekarang kita masuk dalam metode terakhir yaitu penjualan sapi agar sapi tersebut dapat harga yang maksimal atau harga tinggi
  • ketika dekat dengan hari H penjualan usahakan sapi tersebut dirawat dengan maksimal, dari perawatan makanan, sanitasi kandang dan vitaminya di perbanyak guna untuk menjadikan sapi tersebut gemuk dan banyak daging.
    .
  • jualah sapi pada hari-hari besar, dimana banyak orang membutuhkan sapi misalnya pada hari pesta pernikahan, pada hari dekat dengan lebaran idhul adha, atau hari-hai lebaran lainya, karena pada waktu tersebut banyak orang yang membutuhkan daging untuk persiapan hari besar tersebut.
    .
  • pilihlah sapi yang ingin dijual, jika ada sapi dari bibit unggul (misalnya sapi rambon) dan kiranya pertumbuhan bagus dan ketika pada masa penjualan belum maksimal masih bisa tumbuh lagi dan lebih bear lagi sapi tersebut maka, lebih baik dipelihara dan menunggu harga yang maksimal.
Kalkulasi Hasil dan pembiayaan dalam Bisnis Penggemukan Sapi

contoh kita akan menggemukan sapi 30 ekor sapi jantan dengan janka waktu 1 tahun  maka dapat dirinci biaya dan hasil dalam masa dimaksut sebagai berikut :
  1. pembelian bibit 3.500.000 x 30                                                        
    = Rp. 105.000.000
  2. sewa lahan kosong tempat 1 hektar satu tahun                                 
    = Rp. 2.000.0000
  3. Biaya pemelihara 1 bulan 1.700.000 X 12 bulan                              
    = Rp. 20.400.000
  4. biaya pakan ternak. 1 karung dedak 100.000 x 30 x 6 bulan terakhir
    = Rp. 18. 000.000
  5. biaya penggarapan lahan untuk penanaman rumput                          
    = Rp. 2.000.000
  6. Biaya Vitamin 1 tahun                                                                        
    = Rp. 2.000.0000
Total Biaya pengeluaran                                      = Rp. 149.400.000
Total Hasil Jual sapi 8.000.000 x 30                    = Rp. 240.000.000
jadi hasil saldo yang didapat selama 1 tahun       = Rp. 90.600,000

kurang lebih seperti itu ya sobat, tentang usaha Bisnis Penggemukan Sapi sangat menjanjikan dan  menguntungkan. ulasan diatas sudah rinci dan banyak pembekakan di biaya pemeliharaan jika biaya pemeliharaan kita yang pelihara sendiri pasti bisa mendapat saldo yang lebih, maksimal bahkan saldo bisa lebih dari biaya modal 100%. untuk itu sekian dulu semoga bermanfaat bagi kita semua terimakasih.

0 komentar :

Post a Comment

Admin tidak selalu Online, jadi dimohon dalam berkomentar dengan baik dan benar serta sopan, jangan menautkan link aktif yang tidak relefan dengan postingan dan isi content blog.