Home » » Cara Melakukan Pengendalian Pencemaran Udara

Cara Melakukan Pengendalian Pencemaran Udara

Pengendalaian pencemaran udara adalah upaya yang dilakukan untuk meminimalisir dampak dari pada pencemaran udara upaya pengendadlian pencemaran udara tersebut bisa dilakukan dengan cara pencegahan pencemaran udara dan penanggulangan pencemaran udara.untuk itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputaran artikel, ddengan judul Pengendalian Pencemaran Udara. pada kesempatan sebelumnya admin juga telah membahas seputaran artikel yang berjudul "Parameter Pencemaran Air" jangan lupa dibaca ya ?.

Pencemaran udara sering marak sekali terjadi didunia yang penuh dengan technologi modern. akibat perkembangan yang kurang memperhitungkan kualitas lingkungan sehingga udara yang ada dilingkungan tersebut kian lama makin tercemar. dan tidak dapat memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan, akibat dari udara yang tercemar banyak timbul masalah-masalah kesehatan terhadap manusia. mislanya di perkotaan, akbat banyak pohon pohon di gunduli, dan ditanami gedung-gedung, akibatnya udara didaerah perkotaan rame tidak sehat. dan banyak mengandung unsur-unsur kimiawi. karena minimnya proses pengurai dan penyuplai oksigen segar yang ada dalam lingungan tersebut.

seharunya hal ini menjadi perhatian khusus bagai pemerintah setempat untuk memperdulikan lingkungan yang dilingkungan tersebut, kurangnya pengetahuan yang minim, membuat masyarakt kurang peduli terhadap lingkungannya, dan diharapkan juga bagi pemerintah setempat bisa melakukan tindakan yang tegas, dengan adanya kasus pencemaran udara. karena jika dibiarkan berlarut-larut, maka kondisi udara yang berada dalam kasus pencemaran akan semakin buruk. dan tentunya akan menyebabkan dampak terhadap kesehatan manusia, dan ekologi lingkungan.

untuk melakukan pengendalian lingkungan khususnya Pengendalian Pencemaran Udara metode-metode yang harus di lakukan adalah sebagai berikut ;

Pengamatan

jenis-jenis pengamtan yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut :
1). pengamatan yang dilakukan pada titik sumbernya, Dengan mengukur konsentrasi berbagai pencemar tepat pada titik sumbernya akan dapat diperkirakan dampak pencemaran terhadap kesehatan manusia
2). pengamatan atas dasar baha pencemaran setelah berada di udara ambien
3). pengamatan/ pengukuran indikator biologis Dalam hal ini yang diamati adalah besar kadar pulotan dalam spesimen biologis dan atau hasil proses interaksi bahan pencemar pada tubuh manusia
4). pengamatan terhadap angka kesakitan dari penyakit-penyakit yang diperkirakan ada kaitannya dengan dampak pencemaran yang ditimbulkan

Pengendalian Pencemaran Udara

Setelah kita berhasil mengamati Pencemaran udara yang ada disekitar kita , baik dari sumber pencemaran, dari bahn pencemaran, dari segi biologis dan dari korban yang diduga sakit akibat daerah yang tercemari. barulah kita melakukan pengendalian pencemaran udara. metode-metode yang digunakan untuk mengendalikan pencemaran udara adalah :

Inventarisasi sumber pencemar udara

setelah kita melakukan pengamatan, maka kita akan mengetahui darimana sih sumber pencemaran tersebut ataukah dari proses alami ataukah dari industri, ataukah dari kepadatan kendaraan, dan lain sebagainya. jadi dengan kita mengetahui kita bisa menyelesaikan terlebih dahuu permasalahan dari sumbernya.  misalnya kalau sumber pencemaran tersebut dari industri, kita bisa mengecek bagian industri tersebut dari mulai perizinan, apakah sudah memenuhi standar yang telah ditetapkan, terus letak posisi industri tersebut apakah sudah sesuai dengan pemetaan wilayah, bahan baku yang dipergunakan apakah tidak berbahaya jika dilarutkan kedalam lingkungan. dan lain sebagainya.


Baca Juga : Pencemaran Lingkungan pencemaran air, pencemaran tanah, pencemaran udara


Pengukuran parameter

Disini yang dimaksut pengukuran parameter, jika kita telah melakukan pengamatan dan kita telah mengetahui/menduga sumber pencemaran dari hasil industri, sebelum itu kita harus mengukur kualitas udara yang ada dilingkungan pada industri tersebut. kita mabil sampel, dari pada udara yang dilingkungan tersebut, kemudian peralatan, lalu kita lakukan pengecekan secara fisik maupun raboratorium. untuk menentukan titik solusi secara tepat. dan dibandingkan dengan udara sehat menurut baku mutu udara ambien (BMU)

Pengolahan penyajian dan analisis data

setelah kita melakukan Pengamatan, dan melakukan proses investariasi sumber pencemaran dan pengukuran parameter, langkah selanjutnya adalah dengan cara analisis data sesuai dengan perundangan dan peraturan pemenrintah yang mengatur masalah baku mutu udara sehat,Metode analisa dan peralatan sesuai yang tercantum dalam baku mutu udara ambien baik lokal, atau nasional
BMU lokal : berbentuk Peraturan, BMU nasional : Kep. Men Neg Lingk. Hidup


ingat didalam membuat analisis data anda harus membuat sesuai peraturan pemerintah agar menjadi aturan baku mutu yang kuat didalam membuat sebuah keputusan karena dilindungi undang-undang Dasar. dan hukum.

Rekomendasi/ upaya tindak lanjut

setelah kita membuat analisis data maka tentu saja kita tidak membiarkan sampek disitu harus ada upaya penindakan lanjut. agar masalah pencemaran yang ada dilingkungan tersebut bisa diminimalisir atau ditanggulangi.  Hasil analisis data dapat diketahui berbagai permasalahan pencemaran udara Rumuskan alternatif pemecahan masalah sampaikan secara resmi ke Kepala Daerah dan pihak-pihak lain yang terkait.

Upaya tindak lanjut bisa juga dilakukan dengan prospek hukum, jika sumber pencemaran tersebut berasal dari industri dan lain sebagainya. intinya perbuatan sepihak yang merugikan orang banyak. yang kedua bisa dilakuan kordinasai antara sektor terkait misalnya pimpinan perusahaan /sektor-sektor badan kesehatan yang berkerja diwilayah tersebut. yang ketiga bisa dilakukan dengan pembratasan penyakit yang disebabkan oleh pencemaran udara seperti ISPA, Tubercolosis dan lain sebagainya.


Melakukan upaya pemulihan terhadap lingkungan, bisa menggerakan dalam penananman penghijauan, dengan tanaman yang efektif untuk penyerapan gas-gas beracun diudara, melakukan peneguran dan menerapkan sistem peraltan yang efektif untuk industri-industri, agar tidak menimbulkan gas emisi yang berbahaya terhadap lingkungan. melakukan kampanye dan penyuluhan terhadap masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan. dan menjaga lingkungan. dan memberikan pemahaman kepada masyarakat akan bahayanya akibat akibat daripada dampak pencemaran udara tersebut.

Pemberdayaan Masyarakat dan swasta
.
Pembinaan dan pengawasan Pembinaan pengendalian dampak pencemaran udara  Daerah binaan prioritas pada daerah yang melaksanakan program kabupaten / kota sehat
Program kemitraan ikut serta dalam mendukung program langit biru pelaksanaannya bermitra dengan sektor terkait (KLH,     Perindustrian dan perdagangan)
Promosi kesehatan mengkaitkan promosi tentang pemeliharaan kualitas udara (seminar, lokakarya, penulisan pada media massa, media cetak)

memberikan pengetahuan tentang masyarakat akibat bahaya pencemaran udara terhadap kesehatan manusia seperti dapat menimbulkan penyakit Tuberkolosis paru, ISPA, Legionellosis, Kanker
Kecelakaan, Kardiovaskuler ,Gangguan sistem Syaraf. dengan demikian diharapkan semua masyarakat mau ikut berperan aktif dengan sadar  dalam menanggualangi pencemaran udara, yang bisa berakibat buruk terhadap kesehatan manusia seluruhnya.


Demikian ulasan singkat mengenai Cara Melakukan Pengendalian Pencemaran Udara semoga bermanfaat bagi kita semua. dan jangan lupa untuk mengunjungi artikel artikel menarik lainya dari blog yang sederhan ini terimaksih.

0 komentar :

Post a Comment

Admin tidak selalu Online, jadi dimohon dalam berkomentar dengan baik dan benar serta sopan, jangan menautkan link aktif yang tidak relefan dengan postingan dan isi content blog.