Home » » Dampak Pencemaran Air Dalam Bidang Ekonomi, Estetika,Flora Fauna dan Kesehatan Manusia

Dampak Pencemaran Air Dalam Bidang Ekonomi, Estetika,Flora Fauna dan Kesehatan Manusia

Pencemaran Air bisa diartikan secara singkat air yang dimasuki/ketambahan unsur lain, baik karena alam atau karena ulah tangan manusia, sehingga air tersebut tidak layak konsumsi, dan sifat daripada kemurnian air tersebut berubah. baik ditinjau secara fisik, biologik,kimiawi kualitas air tersebut sudah tidak berfungsi sesuai peruntukanya/tidak sesuai dengan baku mutu air yang telah ditetapkan oleh permenkes. untuk itu pada kesempatan kali ini admin akan membahas seputaran artikel yang berjudul Dampak Pencemaran Air Dalam Bidang Ekonomi, Estetika,Flora Fauna dan Kesehatan Manusia dalam pertemuan sebelumnya admin juga telah membahas seputaran artikel terkait pencemaran yang berjudul "Parameter Pencemaran Air " jangan lupa untuk dibaca ya artikelnya.

secara umum air yang tercemar, akan menimblkan dampak terhadap lingkungan. jadi apa saja yang ada dilingkungan yang membutuhkan air, akan terkena dampak dari pada air yang tercemar ini. untuk itu jagalah lingkungan anda sebaik mungkin. karena lingkungan yang ada sifatnya berhubungan dengan kehiupan manusia dan mahluk lainya. ekologi lingkungan yang tidak seimbang akan menimbulkan kerugian bagi berbagai pihak yang ada dilingkungan tersebut. untuk itu Allah SWT. menciptakan dunia seisinya ini untuk kita saling memenuhi dan menjaganya.

Untuk tidak membuang banyak waktu lagi, mari kita bahas dampak pencemaran air ditinjau dari segi Bidang Ekonomi, Estetika,Flora Fauna dan Kesehatan Manusia :

Dampak Pencemaran Air Dalam Bidang Ekonomi

bukan manusia, hewan dan tumbuhan saja yang terkena dampak dari pencemaran air melainkan ekonomi bisa juga lhho terkena dampak dari pada pencemaran air, kok bisa ya ? bisalah karena semua yang ada dalam lingkungan ini saling berhubungan seperti rantai, jadi jika terjadi pemutusan disalah satu mata rantai maka akan membuat jalanya rantai ekologi tidak seimbang dan menimmbulkan dampak kepada rantai lainnya. contoh dampak  Pencemaran Air Dalam Bidang Ekonomi

Seperti pada Air laut yang tercemar oleh limbah industri maka ikan-ikan disekitar air yang tercemarpun akan mati / bermigrasi atau pindah ketempat lain karna air itu sudah tidak layak untuk ikan-ikan tersebut hidup, dan hal itu sangat mempengaruhi nelayan dalam mencari ikan karna tangkapan mereka akan berkurang, dan hal tersebut mengurangi penghasilan dan pendapatan mereka.

Baca Juga : Pencemaran Lingkungan pencemaran air, pencemaran tanah, pencemaran udara


Contoh lain seperti pada tempat rekreasi dipantai jika lautnya tercemar oleh sampah maka akan mengganggu pemandangan ditempat tersebut, hal itu akan membuat para pengunjung rekreasi mencari tempat lain / malas untuk mengunjugi tempat tersebut. Hal ini membuat penjaga pantai atau orang yang memiliki tempat wisata tersebut penghasilannya menurun karna kekurangan para pengunjung.

Dampak Pencemaran Air Dalam Ruang Lingkup Flora Dan Fauna

Setelah kita mengetahui dampak pencemaran air terhadap perkembangan ekonomi sekarang kita harus memikirkan lagi dampak pencemaran air terhadap flora dan fauna, begitu bahayanya pencemaran air ini maka penulis pribadi menyarankan untuk menjaga lingkungan kita ini sebaik mungkin contoh  Dampak Pencemaran Air Dalam Ruang Lingkup Flora Dan Fauna

Dampak pencemaran terhadap flora dan fauna bila contoh pada ekosistem fauna yang berada di laut bila laut tersebut tercemar dengan limbah contoh, oli maka akan sangat mempengaruhi ikan-akan yang hidup disekitar perairan tersebut, dan ikan-ikan yang tinggal disekitar perairan yang tercemar oleh limbah akan pindah ketempat lain dan juga mati karna terkontaminasi dengan air limbah tersebut.

Contoh untuk fauna yang ada didarat juga bisa terdampak dengan pencemaran air, contoh jika sapi kambing yang minum air yang tercemar pestisida secara berlebihan maka akan membuat kambing atau sapi tersebut, sakit atau juga bisa menderita penyakit/terpapar oleh racun pestisida dan pada kasus terparahnya adalah kematian.

Dampak Pencemaran Air pada Kesehatan Manusia

dampak pencemaran air terhadap kesehatan manusia tidak bisa dibilang lagi baik dari segi biologik, dan kimiawi akan menimbulkan dampak yang sangat berbahaya terhadap kesehatan manusia, bisa menyebabkan penyakit kronis, kangker dan terparahnya kematian dibawah ini merupakan salah satu contoh dampak yang bisa ditimbulkan karena pencemaran air.

Air yang tercemar oleh Bakteri E. Coli sangat mengganggu kesehatan manusia karna bila manusia mengontaminasi air tersebut maka manusia tersebut bisa terkena penyakit Disentri.
Baca juga artikel : Cara Melakukan Pengendalian Pencemaran Udara


Contoh Lain Kadmium (Cd) menjadi populer sebagai logam berat yang berbahaya setelah timbulnya pencemaran sungai di wilayah Kumamoto Jepang yang menyebabkan keracunan pada manusia. Pencemaran kadmium pada air minum di Jepang menyebabkan penyakit “itai-itai”. Gejalanya ditandai dengan ketidak-normalan tulang dan beberapa organ tubuh menjadi mati. Keracunan kronis yang disebabkan oleh Cd adalah kerusakan sistem fisiologis tubuh seperti pada pernapasan, sirkulasi darah, penciuman, serta merusak kelenjar reproduksi, ginjal, jantung dan kerapuhan

Dampak Pencemaran Air Terhadap Estetika

yang terakhir pencemaran air juga bisa berdampak terhadap estetika, karena air yang tercemar biasanya secara fisik akan terlihat kotor dan bau dan hal itu sangat mengganggu estetika dalam pandangan manusia. tentunya semua manusia tidak mau melihat pemandangan yang kotor, kumuh dan beraroma tidak sedap dibawah ini merupakan salah satu contoh kecil dampak pencemaran air terhadap estetika.

Dampak pencemaran terhadap Estetika adalah seperti pada pencemaran yang terjadi pada pantai tempat rekreasi, bila tempat tersebut tercemar dengan sampai maka akan sangat menggangu Estetikadi tempat tersebut.

Contoh lain seperti pada sungai jika sungai-sungai tersebut banyak di cemari sampah maka akan sangat mengganggu estetika sungai tersebut karna sungai akan terlihat kotor, karna genangan sampah yang mencemari sungai tersebut.

Demikian Urain Singkat tentang artikel  Dampak Pencemaran Air Dalam Bidang Ekonomi, Estetika,Flora Fauna dan Kesehatan Manusia, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua dan jangan lupa untuk selalu mengunjungi artikel-artikel seputaran pencemaran linnya.

0 komentar :

Post a Comment

Admin tidak selalu Online, jadi dimohon dalam berkomentar dengan baik dan benar serta sopan, jangan menautkan link aktif yang tidak relefan dengan postingan dan isi content blog.