Home » » Dampak Pencemaran Tanah Dalam Bidang Ekonomi, Estetika,Flora Fauna dan Kesehatan Manusia

Dampak Pencemaran Tanah Dalam Bidang Ekonomi, Estetika,Flora Fauna dan Kesehatan Manusia

Pencemaran Tanah secara umum bisa diartika masuknya zat kedalam tanah, baik karena unsur alam / buatan sehingga menyebabkan tanah tersebut berturun kualitasnya dari baku mutu tanah yang telah ditetapkan. atau menyebabkan tanah tersebut berbahaya jika digunakan, dan menimbulkan dampak terhadap lingkungan. untuk itu pada kesempatan kali ini admin akan mencoba mambahas seputaran artikel yang berjudul Dampak Pencemaran Tanah Dalam Bidang Ekonomi, Estetika,Flora Fauna dan Kesehatan Manusia. pada kesempatan sebelumnya admin juga telah membahas seputaran artikel dengan judul yang sama yaitu "Dampak Pencemaran Air Dalam Bidang Ekonomi, Estetika,Flora Fauna dan Kesehatan Manusia" jangan lupa untuk dibaca artikenya ya?

Tanah merupakan usur nomer satu yang ada dibumi. tanah merupakan menjadi cirikhas bumi. kita berpijak pun diatas permukaan tanah. kita makan minum juga bersumber dari dalam tanah, karena tumbuhan bisa hidup juga karena dari tanah, air yang kita minum juga berada dan tersimpan didalam tanah. begitu sempurna Allah SWT, menciptakan Tanah untuk keperluan mahluknya. untuk itu mari kita jaga Tanah yang ada dimuka bumi agar selalu tetap lestari untuk ana cucu kita kedepan nantinya.

Pencemaran yang ada pada tanah, bisa terjadi karena proses Alam, seperti dari letusan gunung berapi, dari kandungan zat berbahaya dari gunung berapi, dan lain-lain. selain itu juga bisa terjadi karena ulah tangan yang tidak bertanggung jawab. seperti pembuangan sampah yang sembarangan. ulah dari penambang liar tanpa izin. dan membuang zat kimia berbahaya seperti mercury, cianida dan lain sebagainya. hal tersebut bisa menyebabkan tanah tersebut tercemar. dan menimbulkan dampa terhadap lingkungan berikut ini merupakan salah satu kecil contoh tentang dampak lingkunga yang ditimbulkan dari pada pencemaran tanah.

Dampak Pencemaran Tanah Dalam Bidang Ekonomi 

Dampak Pencemaran tanah juga bisa berpenaruh terhadap ekonomi, karena tanah yang tercemar biasa mengakibatkan tanah terebut menjadi tidak subur. dan jika tanah tersebut ditanamai maka akan menurunkan hasil panen petani. contoh dampak pencemaran tanah dibidang ekonomi seperti pada tanah yang kekurangan unsure hara akibat pembuangan sampah plastic yang tidak bisa diuraikan oleh bakteri pengurai, dapat membuat tanah kurang subur dan

Baca Juga : Pencemaran Lingkungan pencemaran air, pencemaran tanah, pencemaran udara

Dan Contoh akibat penyemprotan pestisida yang berlebihan kedalam tanah juga dapat membuat tanah kurang subur, karna bakteri-bakteri pengurai didalam tanah mati karna racun pestisida, dan jika para petani bercocok tanam di tempat tersebut jelas hasilnya kurang bagus karna tanah tersebut tidak subur, dan hal tersebut mengurangi pendapatan petani tersebut.

Dampak Pencemaran Tanah terhadap flora dan faun

Contoh dampak pencemaran terhadap flora (tumbuhan) pada tanah yang tercemar zat-zat beracun seperti seperti pestisida yang berada didalam tanah akibat penggunaan yang berlebihan membuat tumbuhan yang ditanam ditempat tersebut tidak subur dan berkembang secara baik. Karna tumbuhan tersebut menyerap zat-zat pestisida didalam tanah tersebut. Dan bahkan bisa tumbuhan tersebut tidak bisa hidup ditanah tersebut.

Dan juga pembuangan pestisida beracun yang berlebihan oleh petani,/pembuangan zat-zat berbahaya kebadan lingkunga oleh penambang tanpa adanya sebuah pengawasan, dapat mengakibatkan hewan yang berada dalam tanah mati. contoh seperti cacing, dan hewan-hewan lainya hal tersebut membuat tanah akan tandus dan kering karena salah satu fungsi cacing didalam tanah adalah untuk menggemburkan tanah, dan menyuburkan tanah

Dampak Pencemaran Tanah pada kesehatan manusia

Limbah industri yang mengotori tanah biasanya adalah pupuk yang berlebihan dan penggunaan herbisida serta pestisida. Zat pencemar yang menetap pada tumbuhan itu, terus berpindah melalui jalur rantai makanan dan jaring-jaring makanan. Sehingga perpindahan itu menyebabkan adanya zat pencemar dalam setiap tubuh organisme yang melangsungkan proses rantai makanan. Hal ini akan menimbulkan menurunnya kualitas organisme, berupa kurangnya ketahanan terhadap gangguan dari luar.  dan lama kelamaan akan menyebabkan lumpuh saraf dan penyakit-penyakit komplikasi lainya.

Dampak Pencemaran Tanah Dalam segi Estetika

Dampak pencemaran daratan yang secara langsung disebabkan oleh manusia adalah dampak dari pembuangan limbah padat organik yang berasal dari kegiatan rumah tangga dan kegiatan industri. Dampak langsung akibat pencemaran daratan lainnya adalah timbunan limbah padat dalam jumlah besar yang akan menimbulkan pemandangan yang tidak sedap, kotor dan kumuh. Hal ini sering terjadi pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA) atau dump station menyebabkan pemandangan sekitar terlihat kurang enak dipandang dan mempengaruhi psikis penduduk sekitar.

Baca Juga Artikel : Parameter Pencemaran Air
Rujukan Pustaka : http://one.indoskripsi.com/judul-skripsi-tugas-makalah/tugas-kuliah-lainnya/sistem-persampahan

Demikian Artikel singkat mengenai Dampak Pencemaran Tanah Dalam Bidang Ekonomi, Estetika,Flora Fauna dan Kesehatan Manusia  semoga bermanfaat bagi kita semua dan jangan lupa untuk mengunjungi artikel-artikel menarik lainnya dari blog sederhana ini terimakasih.

0 komentar :

Post a Comment

Admin tidak selalu Online, jadi dimohon dalam berkomentar dengan baik dan benar serta sopan, jangan menautkan link aktif yang tidak relefan dengan postingan dan isi content blog.