Home » » Persyaratan Luas Ventilasi rumah sesuai standar kesehatan dan fungsi ventilasi rumah

Persyaratan Luas Ventilasi rumah sesuai standar kesehatan dan fungsi ventilasi rumah

Ventilasi rumah adalah lubang angin didalam sebuah rumah yang tujuan fungsinya untuk pertukaran oksigen yang ada didalam rumah, jika luas ventilasi ini terlalu kecil maka akan menyebabkan pertukaran udara yang kurang baik, dan bisa berdampak buruk terhadap penyebaran penyakit selain itu juga penghuni rumah akan emrasa tidak nyaman karena udara didalam rumah akan terasa pengap. untuk itu pada kesempatan kali ini admin akan membahas seputaran artikel yang berjudul Persyaratan Luas Ventilasi rumah sesuai standar kesehatan dan pada kesempatan sebelumnya admin blog juga telah membahas seputaran blog yang berjudul "Perhitungan Persyaratan Jumlah Penghuni rumah sesuai standar kesehatan" jangan lupa dibaca ya.

Ventilasi rumah jika kita lihat kecil dan spele tetapi jangan salah kira dulu ventilasi sangat mempunyai peranan penting didalam pembuatan rumah karena selain untuk estetika keindahan rumah ternyata ventilasi juga bisa menjadi penunjang untuk menjaga kesehatan penghuni rumah untuk itu sebeleum kita ke pokok permsalahan yang dimaksut adakala baiknya mari kita ketahui apasih fungsi ventilasi rumah :

Fungsi Ventilasi Rumah

1). Sebagai Lubang pertukaran Oksigen. tanpa adanya ventilasi maka rumah akan trasa pengap apalagi jika jendela dan pintu rumah sudah ditutup maka jelas pertukaran udara satu-satunya hanya melalui ventilsai udara. jika luas ventilasi udara kurang dari persyaratan yang telah ditetapkan, maka pertukaran oksigen yang ada dalam rumah tidak terjadi dengan betul yang mengakibatkan rumaha akan menjadi pengap dan panas. dan bisa berdampak pada kesehatan contoh orang yang mempunyai penyakit Asma maka diperlukan oksigen yang baik untuk kebutuhan kesehatanya. selain itu juga contoh jika anda tinggal dikamar 2 orang dan teman anda terserang penyakit ISPA flu batuk, jika pertukaran oksigen didalam tidak lancar dan tidak baik maka anda akan mudah sekali terserang penyakit tersebut karena penyakit tersebut merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri.


2). sebagai Estetika keindahan rumah. pada pembangunan rumah seperti saat ini tidak dapat dipungkiri kalau ventilasi rumah selain digunakan untuk pertukaran udara dari dalam keluar, juga dibuat seindah mungkin tujuannya bair rumah tersebut terlihat indah. makanya pembangunan ventilasi sekarang banyak yang bermodel-model sampai dengan ukiran segala, tujuanya satu yaitu untuk keindahan bangunan rumah tersebut.  tetapi anda harus ingat jangan sampai uuran ventilasi dikurangi dari luas yang telah ditetapkan oleh standar kesehatan ya.

3). membantu pencahayaan ruangan, ventilasi juga berperan aktif didalam pencahaayaan dalam ruagan dari pada jendela rumah, memang kalau difikir jendela lebih mempunyai peranan penting, didalam pencahaayan, tetapi tidak dapat dipungkiri kalau terangnya siang juga bisa masuk melalui lubang ventilasi rumah.

4). mengeluarkan polutan dari dalam rumah. misalnya ada orang isap rokok didalam rumah maka peranan ventilasi ini sangat penting didalam mengelarkan asap rokok yang ada dalam ruangan sehingga udara didalam rumah selalu terjaga karena ventilasi rumah tersebut. atau juga ibu rumah tangga memasak didapur jika tidak ada ventilasi asap dari dapul akan menyebar kemana-mana didalam rumah inilah penting peranan ventilasi rumah untuk mengeluarkan polutan-polutan tersebut dan membuat udara didalam rumah terasa segar bebasa dari polutan berbahaya.

5) menghilangkan bau dan pengap, jika ventilasi anda sesuai dengan standar yang telah ditetapkan maka pengap dan bau dalam ruangan pasti akan hilang karena ikut keluar dengan pertukaran udara didalam ruangan . sehingga ruangan akan terasa bersih dan segar akibat bau dan pengap tidak ada.

6). Membunuh bakteri phatogen, salah satu fungsi sinar matahari pagi masuk kedalam rumah adalah agar virus dan bakteri -bakteri phatogen bisa mati / tidak betah bersarang dalam ruangan. nilah salah satu fungsi ventilasi karena bisa memasukkan sinar matahai kedalam ruangan. dan membuat ruangan anda segar dan sehat.

7). menjaga kelembapan dalam ruangan. karena udara dan sinnar matahari masuk kedalam ruangan melalui ventilasi rumah maka jelas kelembapa didalam ruanganpun akan selalu terjaga. ruangan akan terasa nyaman, akibat temperatur yang stabil.

8). sebagai lubang intip, jika musim maling atau ada yang mencurigakan dari luar rumah dan ingin keluar rumh takut maka tidak perlu riau dan gelisah tinggal anda mengintip dari lubang ventilasi rumah melihat kondisi yang ada diluar rumah.

sekarang kita telah mengetahuikan beberapa fungsi dari pada ventilasi rumah untuk itu sangat penting sekali didalam pembuatan rumah untuk memperhatikan ukuran luas dari pada ventiasi agar ventiasi rumah berfungsi sesuai yang diharapkan, untuk mengetahui Persyaratan Luas Ventilasi rumah sesuai standar kesehatan dan fungsi ventilasi rumah dapat dijelaskan pada ulasan berikut ini :


Persyaratan Luas Ventilasi rumah sesuai standar kesehatan

untuk persyaratan luas ventilasi rumah sendiri sebenarnya sangat mudah ukuran luas ventilasi rumah yang sesuai standar kesehatan atau SNI. adalah 10 % dari pada luas ruangan. misalnya luas ukuran ruang tamu /ruang kamar anda 9 meter persegi / 90 cm persegi jadi anda perlu membuat ventilasi rumah yang memiliki ukuran luas 0.9 meter persegi .

tetapi jika saya hanya membuat satu ventilasi rumah terlihat jelek penampilan rumah saya dan saya butuhkan 3 ventilasi rumah ?, kaau egitu tinggal anda bagikan 0,9 meter persegi / 90 cm persegi anda bagi 3 jadi 1 ventilasinya mendaptkan ukuran 0,3 meter persegi / 30 cm persegi. dengan begini kebutuhan ventilasi didalam ruangan anda akan dapat terpenuhi.

demikian ulasan artikel mengenai Persyaratan Luas Ventilasi rumah sesuai standar kesehatan dan fungsi ventilasi rumah semoga bisa bermanfaat bagi para pengunjung sekalian dan jangan lupa untuk membaca tips menarik lainya seputaran rumah dari blog yang sederhana ini terimakasih.

0 komentar :

Post a Comment

Admin tidak selalu Online, jadi dimohon dalam berkomentar dengan baik dan benar serta sopan, jangan menautkan link aktif yang tidak relefan dengan postingan dan isi content blog.