Home » » Fungsi Rumah bagi Manusia

Fungsi Rumah bagi Manusia

Rumah adalah salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi manusia, karena kita hidup pasti membutuhkan rumah, baik untuk keperluan fisikologis manusia  dan keperluan psikologis manusia. pada kesempatn ini admin akan mencoba membahas seputaran artikel yang berjudul Fungsi rumah bagi Manusia  dan pada kesempatan sebelumnya admin juga telah membahas seputaran artikel yang membahas seputaran rumah dengan judul, Persyaratan Psikologis dan Fisiologis Rumah Sehat jangan lupa dibaca ya
didalam kegiatan sehari-hari  kita membutuhkan rumah baik untuk kita beristirahat, untuk kita  berlindung dari panas matahari, dari gelapnya malam, dan juga unuk membina rumah tangga kita, untuk itu rumah harus memenuhi standardisasi  rumah sehat dan kokoh, agar fungsi rumah  dapat terrealisasi seuai fungsinya.

apakah anda pernah berfikir bagaimana jadinya jika manusia hidup tampa sebuah rumah?, apakah mungkin kita bisa memenuhi kebutuhan fisiologis dan psikologis dalam kita menjalankan kehidupan, apakah jika terjadi hujan kita akan berlindung dibawah pepohonan? apakah jika malam kita harus tidur diatas pohon? untuk itulah kita hidup ini memerlukan sebuah rumah yang sehat dan nyaman untuk kita tinggal, dengan adanya ebuah rumah kita bisa bertemu dan bertamu dengan sesama manusia lain.

dengan adanya rumah juga kita bisa beristirahat dengan tenang tidak merasa kuatir jika kita sedang tidur ada ganguan dari luar, misalnya binatang buas dan lain sebagainya, rumaha juga bisa melindungi kita dan keluarga kita dari panasnya terik matahari dan juga dinginya angin malam, dengan adanya rumah juga kita bergaul dengan keluarga bisa terasa nyaman, dengan adanya  rumah juga kita bisa menyimpan barang-barang kita berharga dengan nyaman, begitu banyak Fungsi rumah sehingga sampai para Ahli pun yang dikutip dalam buku Gunawan, Haryanto, 1997. Perencanaan Rumah Sehat. Yayasan Sarana Cipta, Jakarta. dan dijabarkan oleh penulis menyimpulkan fungsi rumah sebagai berikut :


Fungsi rumah bagi manusia menurut Azwar ( 1999 )

1) "Sebagai tempat untuk melepas lelah, beristirahat setelah penat melaksanakan kewajiban sehari-hari". ketika kita habis bekerja dan capek, alahngkah indahnya jika kita beristirahat tampa ada yang mengganggu dan disinilah pentingnya perannan rumah dengan adanya sebuah rumah maka kita akan tenang dan nyaman untuk beristirahat. tidak kuatir akan adanya gangguan dari luar yang mengancam.

2) "Sebagai tempat untuk bergaul dengan keluarga atau pembina rasa kekeluargaan bagi segenap keluarga yang ada." dengan adanya sebuah rumah, maka kita akan lebih nyaman ketika kita berbincang dan tawa dengan keluarga kita, anak istri, dan tetangga, mereka akan lebih mudah dalam memnemukan kita, alamat kita dan sebagainya.

3) "Sebagai tempat untuk melindungi diri dari kemungkinan bahaya yang datang mengancam". rumah juga sangat berguna sekali dalam melindungi kita, jika kemungkinan ada bahaya ancaman dari luar contohnya pencurian, perampokan, dan juga dari binatang buas dan lain sebagainya.

4) "Sebagai tempat untuk status sosial yang dimiliki." dengan adanya sebuah rumah juga kita bisa menngkatkan status sosial kita, contoh kita mempunyai rumah yang antik indah seperti keraton maka status sosial kita juga akan meningkat menjadi orang yang ningrat. berbeda jika kita memiliki rumah yang terbuat dari papan maka status kita terlihat seperti rakyat biasa.


5) "Sebagai tempat untuk melepaskan atau menyimpan barang-barang berharga yang dimilikinya" selain itu juga dengan adanya sebuah rumah maka kita akan merasa tenang menyimpan  barang-barang berharga yang kita miliki contohnya, jika kita menimpan emas atau uang dibawah pohon , baru saa anda tinggal 5 menit maka uang dan emas anda yang anda taruh dibawah pohon pasti akan lenyap binasa entah kemana, untuk itulah pentingnya sebuah rumah yang harus kita ketahui.

Dan Menurut Gunawan ( 1979 ), APHA telah meneliti dan merumuskan empat fungsi pokok  rumah yaitu :

1) "Sebagai tempat untuk memenuhi kebutuhan jasmani" tidak dapat dipungkiri kalau kita untuk melakukan kegiatan sehari hari kita didalam sebuah rumah, contoh kerja didalam rumah/kantor, masak,cuci piring, mandi dan membina keluarga pun didalam rumah. untuk itu rumah sangat penting didalam memenuhi kebutuhan jasmani kita.

2) " Sebagai tempat memenuhi kebutuhan rohani" bukan kebutuhan jasmani saja kebutuhan rohani juga memerlukan sebuah rumah masjid/gereja atau tempat ibadah lainya, dengan begitu kita akan merasa nyaman dan khusuk dalam menunaikan ibadah kita.

3) "Sebagai tempat perlindungan terhadap penularan penyakit menular". rumah sehat juga harus memenuhi persyaratan rumah sehat, yang salah satunya adalah rumah sebagai perlindungan terhadap penyakit menular, contoh ISPA, cholera dan lain sebagainya, sumber dan lingkungan yang ada dalam lingkungan rumah harus memenuhi standar tersebut.

4) "Sebagai tempat perlindungan terhadap gangguan atau kecelakaan" rumah juga bisa melindungi kita dari dangguan atau kecelakaan, contoh dari pencurian, perampokan, dari bencana alam, semua itu harus kita sediakan perlengkapan dalam pembuatan rumah, dan bangunan rumah harus kokoh. dengan begitu kita akan merasa aman tinggal didalam rumah kita sendiri.

Demikian ulasan artikel singkat mengenai Fungsi Rumah bagi Manusia  semoga bisa bermanfaat bagi para pengunjung yang membutuhkan dan jangan lupa untuk mengunjungi artikel-artikel menarik lainnya dari blog yang sederhana ini.

0 komentar :

Post a Comment

Admin tidak selalu Online, jadi dimohon dalam berkomentar dengan baik dan benar serta sopan, jangan menautkan link aktif yang tidak relefan dengan postingan dan isi content blog.