Home » » Bumbu kulup / urap sayur

Bumbu kulup / urap sayur

Salam blogger...
Sahabat pembaca bingung mau masak apa hari ini Jangan bingung ya, Kali ini saya akan membagikan resep yang sangat sederhana tapi di jamin tetap enak tapi sebelumnya sobat jangan lupa juga ya baca artikel terkait yang berjudul Tips Resep Masakan menggoreng ikan agar tidak lengket Resep yang akan saya bagikan kali ini adalah " kulup /urap sayur".sudah pada tau kan apa itu urap? Jika kita mendengar kata kulup/urap suadah pasti indentik dengan yang namanya sayur2ran dan kelapa parut.

Bumbu atau “Herb” adalah tanaman aromatik yang ditambahkan pada makanan sebagai penyedap dan pebangkit selera makan. Herb sebagian besar terdiri dari tumbuh – tumbuhan yang berasal dari daerah dingin, dan biasanya digunakan dalam keadaan masih segar. Rempah atau “Spices” adalah tanaman atau bagian dari tanaman yang ditambahkan pada makanan untuk menambah atau membangkitkan selera makan. Spices sebagian besar tumbuh di daerah tropik dan banyak dimanfaatkan dalam pengolahan makanan untuk memberi rasa pada makanan. Rempah dapat juga dikatakan sebagai bumbu kering. Pada hakikatnya bumbu dan rempah keduanya memberi dan meningkatkan rasa dan aroma pada makanan, misalnya merica (spices)

Pada dasarnya, urap adalah campuran berbagai sayur-mayur rebus/kukus yang diaduk dengan parutan kelapa berbumbu. Di Jawa dan di beberapa kawasan Indonesia lainnya, dipakai kelapayang masih agak muda dan dicampur mentah-mentah dengan bumbu-bumbunya. Di Sumatra, parutan kelapa ini disangrai sampai setengah kering, sehingga menimbulkan citarasa dan kesan yang berbeda. Bahkan, kelapa parut yang sudah disangrai ini seringkali masih ditumbuk lagi agar lebih halus dan menyatu dengan sayur-mayur rebusnya. Melange sayur-mayur yang indah dan crunchy, diurapi bumbu yang gurih segar.


Pada tau ngak ya ..Urap merupakan salah satu resep masakan khas asli dari Indonesia. Masakan yang satu ini terbuat dari beberapa aneka ragam sayuran pilihan, biasanya bahan-bahan sayuran yang digunakan adalah sayur kacang panjang, kangkung, toge, wortel dan lain sebagainya. Namun dalam membuat urap kali ini saya hanya menggunakan beberapa macam sayuran saja di antaranya sayur bayam, genjer dan kacang panjang. 

masakan urap termasuk jenis masakan yang kuno atau bisa juga di bilang kampungan, karna masakan urap merupakan resep masakan yang berasal dari daerah pedesaan, Namun jangan sepelehkan rasa dari masakan yang satu ini, meskipun resepnya terlalu sederhana tetapi rasanya enak luar biasa, yang membuat masakan menjadi lezat adalah campuran parutan kelapanya yang disatukan dengan bahan dan bumbu rempah-rempah yang khas. Resep masakan yang sederhana ini dapat dikatakan resep masakan yang sehat karna terbuat dari bahan-bahan sayuran yang sangat baik dikomsumsi oleh tubuh kita..Mari kita mulai membuat bumbu-bumbunya Berikut adalah bahan-bahan yang akan di gunakan dalam membuat urap sayur

Bahan-bahan urap:
.
* 1 ikat bayam hijau ambil daunya

* 1 ikat sayur genjer iris sesuai selera

* 1/5 ikat kacang panjang sesuai selera

* kelapa parut 1/2 butir
.
Bumbu-bumbu yang Harus di haluskan

* kencur kira-kira 2cm

* 5 siung bawang putih

*5 buah cabe merah

* 15 buah cabe merah kecil.Bisa di seauakan

* 4 lembar daun jeruk

*gula merah 5-6 cm

* garam bisa di sesuaikan

Cara membuat

*Setelah semua bahan sayuran siap, rebuslah secara bergantian sampe lunak
Dalam merebus jangan telalu lama karna akan merusak vitamin dalam sayuran tersebut. Angkat dan tiriskan sehingga air dalam sayuran menjadi kering

*sementara merebus sayuran haluskan semua bumbu jadi satu.. stelah bumbu halus campurkan parutan kelapa yang tidak terlalu tua kedalam bumbu halus aduk/ giling bumbu dengan kelapa parut.

*setelah bumbu dan kelapa tercampur jadi satu, ambil daun pisang kemudian bungkuslah bumbu yang telah tercampur kepala parut tadi, seperti kiranya membungkus nasi..

* kemudian kukuslah selama 20 menit Agar urap tetap awet..stelah bumbu di kukus dan matang  campurkan bumbu dan sayuran kedalam tempat yang agak besarAduk-aduk hingga semuanya tercampur jadi satu.. urap sayuran siap di hidangkan dan siap di untuk di santap.. Hemmm nyami... Demikian resep urap sayur Semoga dapat membantu Para sahabat pembaca

0 komentar :

Post a Comment

Admin tidak selalu Online, jadi dimohon dalam berkomentar dengan baik dan benar serta sopan, jangan menautkan link aktif yang tidak relefan dengan postingan dan isi content blog.