Home » » Pencemaran Lingkungan pencemaran air, pencemaran tanah, pencemaran udara

Pencemaran Lingkungan pencemaran air, pencemaran tanah, pencemaran udara

Pencemaran lingkungan adalah masuk atau dimasukannya suatu zat,energi, atau komponen lain baik secara sengaja maupun tidak sengaja kedalam lingkungan yang mengakibatkan tatanan lingkungan tidak berfungsi lagi sesuai peruntukannya, atau merubah sistem ekologi dari pada lingkungan tersebut. pengertian ilmiahnya pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat energi, dan atau komponen lain ke dalam lingkungan, atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya.

Pencemaran lingkungan sering sekali terjadi di kehidupan kita, baik di lakukan secara sengaja maupun tidak sengaja terkadang tampa kita sadari, apa yang telah kita lakukan bisa menyebabkan lingkungan yang kita tinggali telah tercemar. untuk itu kami sarankan jagalah lingkungan dimana kita tinggal agar terpelihara dan bisa kita wariskan untuk generasi kita kedepan.

contoh-contoh pencemaran lingkungan yang sering terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari adalah membuang sampah sembarangan, sampah yang kita buang sembarangan dapat mencemari lingkungan. memang kita beranggapan kita hanya membuang sampah satu/dua biji dalam sehari, tetapi lama kelamaan sampah tersebut menumpuk dan dapat mencemari lingkungan dimanapun kita tinggal. ini merupakan salah satu prilaku dan contoh tindakan kita yang tampa kita sadari telah mencemari lingkungan.

baca juga :
Sumber- Sumber Air

Contoh lain sumber pencemaran pencemaran lingkungan yang sering terjadi di indonesia adalah pencemaran akibat pertambangan, pencemaran akibat perindustrian, dan pencemaran akibat limbah rumah sakit, dan lain sebagainya. apakah kita menyadari bahwa lingkungan yang rusak dan tercemar sangat mempunyai dampak yang buruk bagi kehidupan manusia, dan merugikan kita semua, salah satu contoh pencemaran lingkungan yang nyata pencemaran lingkungan yang terjadi di teluk minamata di jepang akibat sebuah pabrik plastik yang membuang limbah hasil olahanya di laut dan limbah tersebut masih mengandung zat berbahaya yaitu mercury. lama kelamaan hasil buang limbah tersebut semakin banyak dibuang kelaut tampa ada rasa sadar limbah tersebut yang masih mengandung zat mercury kemudian di konsumsi olah ikan, ikan yang hidup dalam perairan tersebut, dan zat merkuri tersebut masuk kedalam daging ikan, ikan tersebut di konsumsi oleh manusia dan fakta hasilnya ribuan orang mengalami keracunan mercury ketika di cek dilaboratorium unit daerah tersebut.

untuk itu marilah kita jaga negara indonesia yang tercinta ini agar jangan sampe mengalami hal tersebut, kasian para generasi muda yang akan kita tinggalkan dengan lingkungan yang rusak mau jadi apa mereka nantinya...!, hal ini bisa kita cegah apabila kita menanamkan rasa sadar dalam diri kita untuk ikut berperan aktif menyehatkan lingkungan yang kita tinggali agar bisa lestari dan bisa di gunakan sesuai dengan peruntukannya.

dari kajian diatas mari kita bahas lagi lebih sepesifik jenis-jenis pencemaran lingkungan. jenis-jenis pencemaran lingkungan dibagi menjadi tiga yaitu pencemaran udara, pencemaran tanah dan pencemaran air.

Pencemaran Udara

pencemaran udara berdasarkan garis besarnya mempunyai pengertian masuk atau dimasukannya mahluk hidup,zat,energi atau komponen lainya kedalam udara baik karena proses alam maupun karena campur tangan mahluk hidup sehingga menyebabkan udara tidak lagi berfungsi sesuai dengan peruntukannya, berdasarkan urain dari definisi diatas maka dapat kita jabarkan, bahwa udara yang telah terkontaminasi dengan zat-zat kimia berbahaya maka tidak layak lagi sebenernya untuk bernafas karena dapat membahayakan kesehatan manusia.

baca juga :
cara mengolah air kabur/kuning menjadi air baku sumber depot air minum isi ulang

begitu pentingnya sebenernya sebuah udara tersebut untuk kehidupan seluruh mahluk hidup, coba kita bertanya kepada diri kita sendiri bisakah kita hidup tanpa sebuah udara, untuk kita bernafas, kalau kita mengetahui kita tidak mungkin bisa hidup tanpa sebuah udara untuk kita bernafas kenapa kita harus mencemari udara yang kita butuhkan untuk kehidupan kita sehari-hari, yaitu untuk bernafas.





pernahkah kita bertanya pada diri kita kenapa udara di pedesaan terasa lebih segar dari pada udara yang ada di perkotaan, kenapa sekarang ini banyak muncul penyakit yang aneh-aneh padahal jaman dahulu tidak pernah bermunculan penyakit yang aneh-aneh, coba kita berdiam diri sejenak dan menguraikan jawabnya, kita menghirup udara yang tercemar kita memakan tanaman yang sumber makanan tersebut tercemar kita minum minuman yang sumber airnya tercemar oleh bahan-bahan kimia bagaimana hal tersebut tidak menimbulkan penyakit yang aneh dan menyebabkan tubuh kita semakin rentan sakit.

untuk itu kembali kita kepada topiknya salah satu contoh kecil yang sering terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari pencemaran lingkungan udara adalah pencemaran udara oleh para perokok, berapa juta manusia yang merokok dimuka bumi ini, hal tersebut menyebabkan pencemaran lingkungan yang parah dan besar. selain itu juga menyebabkan gangguan pada kesehatan manusia.

selain itu pencemaran udara yang sering lazim terjadi adalah pencemaran udara oleh para industri seperti industri kimiawi, pabrrik dan cerobong asap, dan hasil-hasil pembakaran hutan, dan limbah-limbah berbahaya tanpa menggunakan alat yang bisa meminimalisir terhadap hal yang dimaksut. dan hal itu sering sekali terjadi di perkotaan.

Sumber polusi udara lain dapat berasal dari radiasi bahan radioaktif, misalnya, nuklir. Setelah peledakan nuklir, materi radioaktif masuk ke dalam atmosfer dan jatuh di bumi. materi radioaktif ini akan terakumulusi di tanah, air, hewan, tumbuhan, dan juga pada manusia. Efek pencemaran nuklir terhadap makhluk hidup, dalam taraf tertentu, dapat menyebabkan mutasi, berbagai penyakit akibat kelainan gen, dan bahkan kematian Pencemaran udara dinyatakan dengan ppm (part per million) yang artinya jumlah cm3 polutan per m3 udara.


salah satu contoh pencemaran udara yang sering marak terjadi sekarang adalah pemanasan global akibat gas rumah kaca dan gas CFC sehingga dapat menyebabkan penipisan dan berlubangnya lapisan ozon di stratofer.

JENIS-JENIS PENCEMARAN LINGKUNGAN

Pencemaran Air

Pencemaran air berdasarkan garis besarnya mempunyai pengertian masuk atau dimasukannya mahluk hidup,zat,energi atau komponen lainya kedalam udara baik karena proses alam ataupun karena ulah tangan manusia sehingga menyebabkan air tidak lagi berfungsi sesuai dengan peruntukannya,

air begitu penting perannya dalam kehidupan manusia manusia tidak mungkin bisa hidup tanpa air karena air merupakan sumber dari pada kehidupan mahluk hidup dibumi ini jadi apa jadinya kalau air yang ada dimuka bumi ini sudah tercemar. usaha pemerintah yang telah memberikan baku mutu standar pencemaran lingkunganpun sering di langgar oleh para manusia itu sendiri, hal itu terjadi di karenakan kurang kesadaran dalam diri kita untuk menjaga lingkunga dan melestarikannya.






contoh-contoh pencemaran air adalah : pembuangan sampah kepantai, pembuangan limbah industri tampa melakukan pengelolaan ke laut, pencemaran akibat limbah industri rumah tangga, seperti sisa-sisa detergen yang bisa mengakibatkan bota laut /bakteri-bakteri menguntungkan yang hidup di air mati. dan lain sebagainya.

baca juga
Mudahnya menjernihkan air dengan saringan Spon sederhana

contoh pencemaran air yang lazim terjadi seperti di teluk minamata di jepang akibat sebuah pabrik plastik yang membuang limbah hasil olahanya di laut dan limbah tersebut masih mengandung zat berbahaya yaitu mercury. lama kelamaan hasil buang limbah tersebut semakin banyak dibuang kelaut tampa ada rasa sadar limbah tersebut yang masih mengandung zat mercury kemudian di konsumsi olah ikan, ikan yang hidup dalam perairan tersebut, dan zat merkuri tersebut masuk kedalam daging ikan, ikan tersebut di konsumsi oleh manusia dan fakta hasilnya ribuan orang mengalami keracunan mercury ketika di cek dilaboratorium unit daerah tersebut.

Pencemaran Tanah 

pencemaran tanah berdasarkan garis besarnya mempunyai pengertian masuk atau dimasukannya mahluk hidup,zat,energi atau komponen lainya kedalam Tanah baik karena proses alam ataupun karena ulah tangan manusia sehingga menyebabkan tanah tersebut tidak lagi berfungsi sesuai dengan peruntukannya,

contoh pencemaran tanah Pencemaran tanah disebabkan oleh beberapa jenis pencemaran berikut ini Sampah-sampah plastik yang sukar hancur, botol, karet sintesis, Detergen yang bersifat non bio degradable (secara alami sulit diuraikan) Zat kimia pecahan kaca, dan kaleng dari buangan pertanian, misalnya insektisida.




pencemaran tanah juga biasa di hasilkan dari pada hasil dari pada pertambangan..contoh pertambangan emas yang tidak sesuai prosedur pertambangan dan badan lingkungan maka dapat menjadi permasalahan lingkungan yang serius,, apalagi jika penggunaanya menggunakan bahan berbahaya seperti arsenik dan juga mercury untuk mengekstraks emas. hal ini akan sangat berdampak buruk jika limbah dari pada pengelolaan tersebut dibuang saja ke lingkungan tanpa adanya pengolahan terlebih dahulu. dapat mencemari lingkungan air dan juga tanah.

Pencemaran limbah

pencemaran limbah merupakan salah satu pencemaran lingkungan yang lebih spesifik dihasilkan dari pada limbah-limbah pembuangan manusia dan industry contoh limbah yang dominan di hasilkan oleh industry seperti pabrik dan juga limbah limbah dari rumah sakit. dan juga limbah-limbah rumah tangga. Air Limbah (waste water) adalah kotoran dari masyarakat dan rumah tangga dan juga yang berasal dari industri, air tanah, air permukaan serta buangan lainnya. Dengan demikian air buangan ini merupakan hal yang bersifat kotoran umum. berdasarkan sumbernya pencemaran air limbah paling spesifik dari limbah rumah sakit dan raboratorium, jika pengolahanya tidak dilakukan dengan sebaik mungkin maka dampaknya akan sangat buruk terhadap lingkungan.

Air limbah rumah sakit adalah buangan hasil proses kegiatan yg berbentuk cair yang sebagian merupakan limbah bahan beracun dan berbahaya (B3), yang mengandung microorganisme phatogen, bersifat infeksius dan radioaktif. limbah rumah sakit ada yang berbentuk padat dan cair contoh limbah rumah sakit yang berbentuk cair adalah sisa-sisa obat dan juga darah dari kamar pasien dan dan dibuang kedalam air, maka limbah tersebut akn bercampur dengan air. dan untuk limbah yang berbentuk padat misalanya, bekas jarum suntik, botol infus, botol2 bekas obat, dan juga bootol2 bekas zat-kimia. untuk itu limbah rumah sakit harus diolah secara benar agar tidak menimbulkan efek berbahaya bagi lingkungan sekitar. pengolahan limbah padat dari rumah sakit bisa di olah menggunakan alat yang bernama Incenerator ( Alat pembakaran Limbah B3), sedangkkan untuk limbah cair sendiri pihak rumah sakit diwajibkan mengunakan IPAL ( Instalasi pengolahan Air Limbah.

SUMBER-SUMBER PENCEMARAN LINGKUNGAN

Sumber pencemaran Air

Sumber pencemaran air dapat dikelompokan menjadi beberapa bagian diantaranya adalah sebagai berikut : sumber domestic (rumah tangga), sumber industry, pertanian dan perkebunan :

Domestik (Rumah Tangga) : seperti air yang berasal dari kamar mandi, kakus dan dapur.
Industri : Polutan yang mencemarinya tergantung pada bahan baku, proses, bahan bakar, dan sistem pengolahan limbah cair. Secara umum jenis polutan air dikelompokan :Fisik ; Pasir/lumpur Kimia ; Hg, Cd, Pb, Pestisida dll Mikrobiologi ; Bakteri, virus, parasit dll Radioaktif ; PLTN
Pertanian dan Perkebunan,berupa ; Zat kimia ; Penggunaan pupuk dan pestisida Mikrobiologi ; Virus, bakteri, parasit dari kotoran ternak dan cacing tambang Zat radioaktif ; Dalam proses pematangan buah, mendapatkan bibit unggul dan mempercepat pertumbuhan tanaman.

Sumber Pencemaran udara

Sumber pencemaran udara udara dapat dikelompokan menjadi beberapa bagian diantaranya adalah sebagai berikut :

Alam (Natural) seperti : letusan gunung berapi, kebakaran hutan, dekomposisi biotik, debu, spora tumbuhan dan lain sebagainya.

Aktivitas manusia (Antropogenik) sering lebih besar, seperti : transportasi, industri, dari persampahan baik proses dekomposisi dan pembakaran serta kegiatan rumah tangga
Pencemaran akibat transportasi : Kendaraan bermotor didarat yang merupakan sumber pencemaran udara yang dihasilkannya seperti ; CO, NOx, HC, Sox dan tetraetyl lead (Pb). Parameter yang penting dari aktivitas ini yaitu : CO, Partikulat, NOx, HC, Pb dan Sox.

Pencemaran akibat industri tergantung dari jenis industri dan prosesnya serta juga dilihat dari peralatan yang digunakan
Pencemaran akibat pembakaran sampah memberikan kontribusi yang besar terhadap polusi udara, baik sampah dari RT, industri maupun TTU perlu dikelola dengan baik agar tidak menjadi sumber penularan penyaki dan pencemaran lngkungan. Emisi yang terdapat dari proses tersebut antara lain debu dan HC.
Pencemaran akibat kegiatan rumah tangga berasal dari proses pengolahan makanan (dapur) yang berupa CO, NOx, HC dan SOx 


Sumber pencemaran Tanah

.
Sumber pencemaran Tanah udara dapat dikelompokan menjadi beberapa bagian diantaranya adalah sebagai berikut :

Pencemaran tanah akibat prilaku manusia karena kemajuan IPTEK seperti ; sampah, air limbah, bahan/zat kimia (pestisida).
Pencemaran tanah oleh sampah, plastik misalnya tidak hancur sendiri sehingga tanah tidak bisa menyerap air, sehingga tanah menjadi gersang.
Pencemaran tanah oleh zat kimia, penggunaan pestisida untuk pertanian dan alat-alat yg dipakai manusia banyak mengandung zat kimia, seperti Insektisida, herbisida, fungisida, peralatan kantor dan RT yang mengandung B3 dll.
Jenis dan jumlah zat organik dalam tanah tergantung dari suhu, O2 dan zat organik disekitarnya. Suhu yang tinggi mempercepat proses penguraian dan jika garam-garam hasil uraian masuk ke lapisan tanah lebih dalam maka tanah menjadi tidak subur. Adanya pertukaran ion dalam tanah amat penting dalam proses terjadinya pencemaran tanah oleh logam dan zat kimia.
Pencemaran oleh air limbah baik dari RT maupun industri, seperti deterjen, zat pencemar dari industri dll.

Sumber Pencemaran Limbah

Berdasarkan sumbernya sumber pencemaran air libah dapat dikategorikan menjadi tiga yakni : Air limbah rumah tangga, Air limbah industri, Air limbah rembesan dan tambahan

1) Air limbah rumah tangga
a) Daerah perumahan
Untuk daerah perumahan yang kecil aliran air limbahnya biasa diperhitungkan melalui kepadatan penduduk dan rata-rata perorangan dalam membuang air limbah. Air limbah yang berasal dari daerah perumahan diantaranya dari apartemen, tempat tinggal keluarga, rumah gandengan, dll.
b) Daerah perdagangan
Untuk daerah perdagangan, air limbah dapat berasal dari pusat perbelanjaan, hotel, toko, pusat perbaikan kendaraan, rumah makan, bar, dll.
c) Daerah kelembagaan
Untuk daerah kelembagaan, air limbah dapat berasal dari rumah sakit, penjara, sekolah, dll.
d) Dareah rekreasi
Untuk daerah rekreasi, air limbah dapat berasal dari kolam renang, bioskop, pusat keramaian, dll.

2) Air limbah industri
Jumlah aliran air limbah yang berasal dari industri sangat bervariasi tergantung dari jenis dan besar-kecilnya industri, pengawasan pada proses industri, derajat penggunaan air, derajat pengolahan air limbah yang ada.

3) Air limbah rembesan dan tambahan
Air limbah yang berasal dari saluran air hujan yang tidak mampu menampung air hujan sehingga limpahan air hujan akan digabung dengan saluran air limbah, dengan demikian akan merupakan tambahan yang sangat besar.

DAMPAK PENCEMARAN LINGKUNGAN 


pada dasarnya dampak pencemaran lingkungan sangatlah luas dan berbahaya untuk ekosistem, baik untuk ekosistem mahluk hidup, maupun kelestarian lingkungan itu sendiri.pada dasarnya dampak pencemaran lingkungan kita bagi menjadi tiga bagian yaitu dampak pencemaran udara tanah dan air.

Dampak Pencemaran Udara

Contoh dampak pencemaran udara terhadap manusia Pencemaran udara disebabkan oleh asap buangan seperti CO2, SO, SO2, CFC, CO, dan asap rokok. Gas CO2 yang berasal dari pabrik, mesin-mesin yang menggunakan bahan bakar fosil dan akibat pembakaran kayu.

Kadar gas CO2 yang semakin meningkat di udara tidak dapat segera di ubah menjadi oksigen oleh tumbuhan karena banyak hutan dunia yang di tebang setiap tahunnya Gas CO jika terhirup akan mengganggu pernapasan. Gas ini sangat reaktif sehingga mengganggu pengingatan oksigen oleh hemoglobin dalam darah. Jika berlangsung terus menerus, dapat mengakibatkan kematian. 


contoh lain adalah Gas CFC digunakan sebagai gas pengembang, karena tidak bereaksi, tidak berbau, tidak berasa dan tidak berbahaya. Banyak di gunakan untuk mengembangkan busa kursi, untuk AC, pendingin lemari es dan penyemprot rambut. Tetapi, ternyata ada juga keburukan dari gas ini. Gas CFC yang naik ke atas dapat mencapai stratosfer. Di stratosfer terdapat lapisan gas ozon (O3), yang merupakan pelindung bumi dari pengaruh radiasi ultra violet. Radiasi ultra violet dapat mengakibatkan kematian organisme, tumbuhan menjadi kerdil, menimbulkan mutasi genetik, menyebabkan kanker kulit dan kanker mata.

Dampak Pencemaran Air

pencemaran air sangat menggangu suatu ekosistem contoh akibat yang ditimbulkan oleh pencemaran air yang berpengaruh terhadap ekosistem dan manusia antara lain 1) Terganggunya kehidupan organisme air karena berkurangnya kandungan oksigen. 2) Terjadinya ledakan populasi ganggang dan tumbuhan air 3) Pendangkalan Dasar perairan. 4) Punahnya biota air, misalnya ikan, yuyu, udang, dan serangga air. 5) Munculnya banjir akibat got tersumbat sampah. 6) Menjalarnya wabah muntaber. selain itu juga akbat pencemaran pertambangan akan menimbulkan penyakit yang baru karena akbiat zat2 kimia yang berbahaya salah satu contohnya di teluk minamata di kelautan jepang yang meracuni ribuan orang karena ulah sebuah pabrik tekstil yang menggunakan mercury untk keperluan dalam pabrik dan membuangnya ke badan lingkungan laut tanpa ada proses pengolahan limbah akibatnya orang disekitar yang memakan ikan di perairan tesebut langsung keracunan karena kadar mercury didalam ikan yang melebihi ambang batas yang telah ditentukan.


Dampak pencemaran tanah 

contoh lain lagi dari pada pencemaran lingkungan khususnya untuk pencemaran Tanah Akibat yang ditimbulkan oleh pencemaran tanah antara lain 1) Terganggunya kehidupan organisme (terutama mikroorganisme dalam tanah). 2) Berubahnya sifat kimia atau sifat fisika tanah sehingga tidak baik untuk pertumbuhan tanaman, dan 3) Mengubah dan mempengaruhi keseimbangan ekologi. salah satu contoh akibat pencemaran tanah adalah pestisida yang digunakan petani untuk menyemprot sebuah tanaman secara perlahan maka unsur kimia dari pestisida tersebut mempengaruhi tanah tersebut akibatnya micro organisme positif yang berguna menyuburkan tanah semakin lma semakin berkurang dan akhirnya tanah tersebut menjadi kurang subur, penyemprotan yang berlebihan juga berpengaruh terhadap tanaman tersebut sehingga residu dari zat kimia tersebut juga bisa merasuk kedalam tanaman. yang kita konsumsi sehari2,

Contoh lain Dampak Pencemaran Tanah Tanah yang telah tercemar oleh bahan pencemar seperti senyawa karbonat maka tanah tersebut akan menjadi asam, H2S yang bersama CO membentuk senyawa beracun didalam tanah sehingga cacing penggembur tanah mati. Ketiga dampak pencemaran tanah ini dapat berakibat buruk terhadap lingkungan terutama karena hasil kegiatan industri dimana limbahnya langsung dibuang tanpa melalui proses pengolahan lebih dahulu yaitu limbah berbahaya yang masih mengandung racun ( limbah B3 ).

Dampak Pencemaran Limbah

Pengolahan air limbah yang kurang baik akan dapat berakibat negatif bagi lingkungan dan kesehatan masyarakat. Dampak yang dihasilkan tersebut antara lain :

1) Akibat terhadap lingkungan
Air buangan antara lain mempunyai sifat fisik, kimia dan bakteriologis yang dapat menjadi sumber pengotoran, sehingga jika tidak diolah dengan baik akan mencemari air permukaan, tanah dan lingkungan hidup lainnya, disamping sering menimbulkan bau yang tidak sedap serta pemandangan yang tidak menyenangkan.

2) Akibat terhadap kesehatan masyarakat
Lingkungan yang tidak sehat akibat tercemar oleh air buangan dapat menyebabkan gangguan terhadap kesehatan masyarakat. Air buangan dapat menjadi media tempat berkembangbiaknya mikroorganisme patogen, larva nyamuk atau serangga lainnya yang dapat menjadi media transmisi penyakit, terutama penyakit-penyakit yang penularannya melalui air yang tercemar.

3) Akibat terhadap sosial ekonomi
Lingkungan hidup manusia bukan hanya kesehatan fisik saja tetapi juga kesehatan mental dan sosial. Keadaan lingkungan yang buruk menyebabkan perasaan yang tidak nyaman dan tidak menyenangkan. Akibatnya kesehatan manusia menjadi terganggu dan kurang produktif sedangkan perkembangan masyarakat tergantung dari tenaga kerja yang produktif. Jika dalam masyarakat selalu terjadi penyakit akibat pengaruh buruk lingkungan, maka hal ini akan mempengaruhi kemampuan kerja dan keadaan sosial ekonominya.


PENANGGULANGAN PENCEMARAN LINGKUNGAN


Penanggulangan Pencemaran Air

penanggulangan pencemaran air adalah salah satu bentuk upaya/usaha yang dilakukan untuk meminimalisir/merehabilitasi dari pada kerusakan yang disebabkan oleh pencemaran lingkungan air tersebut. cara-cara untuk penaggulangan pencemaran air bisa dilakukan seperti dibawah ini :
1) engolahan secara fisik

2) Pengolahan secara biologi
3) Pengolahan secara kimia

untuk sumber yang berasal dari Pencemaran Domestik (Rumah Tangga) maka dapat dilakukan pengendalian menejemennya seperti :
a) Pengaturan jarak sumber air dengan sumber pencemaran  yaitu ; 10 – 15 m tergantung jenis tanah.
b) Mengolah limbah RT seperti ;septic tank, sistem riol dll

Untuk sumber  yang berasala dari Pencemaran Industri, ada 6 tahap pengendalian yang harus dilakukan yaitu :
1. Pengolahan Pendahuluan (pre treatment)
2. Pengolahan Pertama (primary treatment)
3. Pengolahan Kedua (secondari treatment)
4. Pengolahan Ketiga (tertiary treatment)
5. Pembunuhan kuman (desinfektan)
6. Pembuangan lanjutan (ultimate disposal)

Penanggulangan Pencemaran Udara

penanggulangan pencemaran udara adalah salah satu bentuk upaya/usaha yang dilakukan untuk meminimalisir/merehabilitasi dari pada kerusakan yang disebabkan oleh pencemaran lingkungan udara tersebut.

1. Penelitian dan pemantauan
melakukan pemantauan dan sekaligus penelitian terhadap emisi udara, dan tingkat pencemaran udara dari sumbernya, dan juga lingkungan yang tercemar
2. Peraturan perundangan
membuat peraturan yang tertib dan tegas terhadap masalah pencemaran udara, dan memberikan sangsi bagi si pelaku bagi yang melanggar peraturan tersebut
3. Teknologi pengendalian pencemaran
selalu menggunakan technologi yang modern untuk mengatasi pencemaran udara. untuk sekala industri. dan disetiap industri, yang dalam proses pengolahan menghasilkan pencemaran udara maka wajib untuk menggunakan sebuah teknologi pengendalian pencemaran udara.

Penanggulangan Pencemaran Tanah

penanggulangan pencemaran udara adalah salah satu bentuk upaya/usaha yang dilakukan untuk meminimalisir/merehabilitasi dari pada kerusakan yang disebabkan oleh pencemaran lingkungan udara tersebut.

Penanggulangan Pencemaran Limbah


cara yang masih efektif untuk saat ini dalam meminimalisir dan menanggulangi pencemaran yang disebabkan oleh limbah adalah dengan cara pengelolaan limbah Pengolahan limbah pada dasarnya merupakan upaya mengurangi volume, konsentrasi atau bahaya limbah, setelah proses produksi atau kegiatan, melalui proses fisika, kimia atau hayati. Dalam pelaksanaan pengelolaan limbah, upaya pertama yang harus dilakukan adalah upaya preventif yaitu mengurangi volume bahaya limbah yang dikeluarkan ke lingkungan yang meliputi upaya mengurangi limbah pada sumbernya, serta upaya pemanfaatan limbah.

Secara garis besar kegiatan pengolahan air limbah dapat dikelompokan dalam tahap pengolaha pendahuluan (pre treatment), tahap pengolahan pertama (primary treatment), tahap pengolahan kedua (secondary treatment), tahap pengolahan ketiga (tertiary treatment) dan tahap pengolahan lanjutan (ultimate disposal).

a. Pengolahan Pendahuluan
Mula-mula air limbah ditampung dan dilakukan pembersihan agar mempercepat dan memperlancar proses pengolahan selanjutnya. Kegiatan-kegiatan pada pengolahan pendahuluan adalah menyortir kerikil dan lumpur kemudian menghilangkan zat padat dan memisahkan lemak.

b. Pengolahan Pertama
Pengolahan pertama dilakukan untuk menghilangkan zat-zat padat yang tercampur melalui pengendapan atau pengapungan. Pada pengolahan tahap ini memerlukan suatu bangunan pengendapan yang terdiri dari daerah pemasuk, daerah pengendapan dan daerah pengeluaran.

Agar semua endapan dapat mengendap pada areal pengendapan, maka kecepatan aliran air limbah harus diselaraskan dengan kecepatan endapan sesuai dengan kedalaman dari bak pengendapan tersebut. Dengan demikian kecepatan endapan dan kecepatan aliran partikel harus sama dalam mencapai dasar bak dan daerah pengeluaran. Dengan adanya pengendapan ini maka akan mengurangi kebutuhan oksigen pada pengolahan biologis berikutnya.

c. Pengolaha Kedua
Tahap ini sangat dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain jumlah air limbah, tingkat kotoran, jenis kotoran dan lain-lain. Selanjutnya pengolahan kedua merupakan proses hayati sebagai kerja jazad renik, selain menguraikan BOD juga menguraikan parameter lain seperti padatan tersuspensi, warna, bau dan lainnya.

d. Pengolahan Ketiga
Pengolahan ketiga dilakukan untuk menyempurnakan reduksi bahan kimia/pencemar yang tidak mampu dilakukan dengan pengolahan pertama dan kedua. Pada tahap ini terjadi proses kimia, fisika maupun fisika kimia.

e. Pengolahan Lanjutan
Hasil dari semua tahap berupa lumpur yang perlu diolah pada pengolahan lanjutan. Misalnya dalam proses sedimentasi pada pengolahan I maupun pengolahan II menghasilkan lumpur yang sering kali menimbulkan masalah karena mengandung bahan pencemar dengan kadar tinggi.

Dikutip dan di rangkum dari berbagai sumber dan referensi :
Mahida,U. N. 1984. Pencemaran Air Dan Pemanfaatan Limbah Industria.Cetakan
Pertama. Jakarta : C.V. Rajawali
Sugiharto, 1987. Dasar-Dasar Pengelohan Air Limbah. jakarta : UI Press

Baca Juga :
menjernihkan air dengan saringan pasir lambat

Beberapa pemaparan diatas merupakan salah satu kecil dari sekian contoh akibat dampak yang telah timbul akibat pencemaran lingkungan untuk itu mari kita segenab hati dengan sadar menjaga lingkungan yang kita tinggal ini untuk di wariskan kepada anak dan cucu kita. dengan sebaik baiknya dari generasi kegenerasi agar generasi selanjutnya bisa merasakan lingkungan yang aman dan terjaga.

0 komentar :

Post a Comment