Home » » Dampak Pencemaran Udara Dalam Bidang Ekonomi, Estetika,Flora Fauna dan Kesehatan Manusia

Dampak Pencemaran Udara Dalam Bidang Ekonomi, Estetika,Flora Fauna dan Kesehatan Manusia

Pencemaran Udara secara garis umum bisa diartika sebagai masuk atau dimasukanya, energi,zat,atau komponen komponen lain kedalam udara, baik secara sengaja maupun tidak disengaja sehingga menyebabkan udara tersebut kualitasnya turun tidak sesuai yang diperuntukanya. pada kesempatan kali ini admin akan memposting artikel yang berjudul Dampak Pencemaran Udara Dalam Bidang Ekonomi, Estetika,Flora Fauna dan Kesehatan Manusia dan pada kesempatan sebelumny admin juga telah memposting artikel terkait yang berjudul "Dampak Pencemaran Tanah Dalam Bidang Ekonomi, Estetika,Flora Fauna dan Kesehatan Manusia" jangan lupa untuk dibaca ya?

pencemaran udara sering sekali marak terjadi didaerah perkotaan, dikarenakan pada daerah perkotaan, banyak industri, padat kendaraan, banyak pabrik-pabrik, dan kurangnya tumbuhan/pepohonan yang bisa menyerap gas-gas beracun diudara. sehingga udara didaerah perkotaan  terasa tidak segar masih segar didaerah pedesaan.

sumber pencemaran udara sendiri bisa berasal dari alam dan bisa berasal dari manusia itu sendiri. contoh sumber pencmaran udara yang berasal dari alam, kebakaran hutan karena proses kemarau panjang, letusan gunung berapi yang menyebabkan kabut ashap dan  karbon dioksida (CO2). sulfur dan lain sebagainya. sedangkan dari manusia itu sendiri bisa berupa cerobong ashap pabrik, buang gas emisi kendaraan dan lain sebagainya.

dampak yang ditimbulkan dari pada pencemaran udara bukan saja berdampak terhadap kkesehatan manusia tetapi juga bisa berdampak terhadap flora dan fauna. dan lain-lain. untuk lebih spesifiknya masalah dampak pencemaran udara bisa di lihat pada postingan dibawah ini :

Dampak Pencemaran Udara Dalam Bidang Ekonomi

Salah satu contoh dampak pencemaran udara dalam bidang Ekonomi seperti pada kebakaran hutan secara luas di jawa timur sehingga kabut asapnya yang mencemari udara sangat mengganggu aktifitas manusia, terutama dibidang penerbangan, Karna kabut asap yang begitu tebal akhirnya penerbangan menjadi jarang tidak seperti hari-hari biasanya, dan pendapatannya pun berkurang sampai sekitar 40 %/ hari.

Selain itu kabut asap juga mempengaruhi aktifitas manusia, manusia kurang beraktifitas diluar rumah karna di khawatirkan akan terkena penyakit saluran pernapasan, maka hal itu bisa menimbulkan kerugian ekonomi bagi masyarakat karna tidak bisa mencari kebutuhan hidup.

Dampak Pencemaran Udara Dalam ruang Lingkup Flora Dan Fauna

Dampak pencemaran udara pada tumbuhan (flora) udara sangat mempengaruhi perkembangan tumbuhan, jika udara tersebut tercemar maka mengganggu pertumbuhan flora, bisa menjadi kering dan lama- kelamaan bisa menyebabkan kematian, dan berpengaruh terhadap proses perkembang biakan. Karna tumbuhan memerlukan oksigen untuk proses perkembangan.

Dampak pencemaran terhadap Hewan (fauna) seperti Gas CFC yang naik ke atas dapat mencapai stratosfer. Di stratosfer terdapat lapisan gas ozon (O3), yang merupakan pelindung bumi dari pengaruh radiasi ultra violet. Radiasi ultra violet dapat mengakibatkan kematian organisme, tumbuhan menjadi kerdil, menimbulkan mutasi genetik, menyebabkan kanker kulit dan kanker mata.

Baca Juga : Dampak Pencemaran Air Dalam Bidang Ekonomi, Estetika,Flora Fauna dan Kesehatan Manusia

Jika gas CFC mencapai lapisan ozon, akan terjadi reaksi antara CFC dan ozon, sehingga lapisan ozon tersebut berlubang yang disebut lubang ozon. Gas SO dan SO2 juga dihasilkan dari hasil pembakaran fosil. Gas ini dapat bereaksi dengan gas NO2 dan air hujan dan menyebabkan terjadinya hujan asam. Hujan ini mengakibatkan tumbuhan dan hewan-hewan tanah mati, produksi pertanian merosot, besi dan logam mudah berkarat, serta bangunan-bangunan jadi cepat pudar.

Dampak Pencemaran Udara Terhadap Kesehatan Manusia

Gas CO jika terhirup akan mengganggu pernapasan. Gas ini sangat reaktif sehingga mengganggu pengingatan oksigen oleh hemoglobin dalam darah. Jika berlangsung terus menerus, dapat mengakibatkan kematian.

Contoh lain Gas CFC digunakan sebagai gas pengembang, karena tidak bereaksi, tidak berbau, tidak berasa dan tidak berbahaya. Banyak di gunakan untuk mengembangkan busa kursi, untuk AC, pendingin lemari es dan penyemprot rambut. Tetapi, ternyata ada juga keburukan dari gas ini. Gas CFC yang naik ke atas dapat mencapai stratosfer. Di stratosfer terdapat lapisan gas ozon (O3), yang merupakan pelindung bumi dari pengaruh radiasi ultra violet. Radiasi ultra violet dapat mengakibatkan kematian organisme, tumbuhan menjadi kerdil, menimbulkan mutasi genetik, menyebabkan kanker kulit dan kanker mata.

Dampak Pencemaran Udara Terhadap Esetika

Dampak pencemaran udara terhadap estetika adalah contohnya pada udara yang tercemar oleh kabut asap sangat mengganggu pemandangan keindahan. Karna tebalnya kabut asap sehingga jarak pandang kita terhalang oleh kabut asap.

Contoh lain adalah udara diperkotaan terasa sangat gersang apalagi ditambah industri cerobong asap yang mengeluarkan asap, ditengah/ didekat areal pemukiman membuat pemandangan yang tidak enak dilihat, serta gas emisi dari pada  kendaran yang rusak dan berasap selain mengganggu pemandangan mata juga menimbulkan bau dan berbahaya bagi kesehatan manusia.

mengingat pentingnya Udara yang kita hirup untuk itu penulis menyarankan agar mari kita sadarkan diri kita sendiri begitu pentingnya Oksigen dalam kehidupan kita sehari-hari. bayangkan manusia mungkin bisa 3 /7 hari tidak makan bisa 2- 4 hari tidak minum tetapi tidak akan pernah sanggup hidup 2/3 menit tanpa oksigen  untuk bernapas. oksigen yang kita hirup sehari-hari harus  kita jaga dan kita lestarikan. jangan kita rusak, dan jangan kita cemari. karena jika oksigen hilang 5 menit dari muka bumi saja maka tidak ada kehidupan 1 pun didunia ini.

Baca Juga :  Pencemaran Lingkungan pencemaran air, pencemaran tanah, pencemaran udara

jadi sekali lagi tumbuhkan rasa kesadaran diri untuk menjaga ekositem lingkungan yang telah disediakan Allah SWT. jaga dan lestarikanlah jangan sampai kita merusak ekosistem tersebut, karena jika salah satu ekositem rusak maka akan menyebabkan ketidak seimbangan pada lingkungan ini. dan akibat tidak seimbangnya ekosistem ini maka akan menimbulkan dampak yang buruk bagi kehidupan mahluk hidup, baik berupa bencan penyakit, bencana Alam dan lain sebagainya. jadilah manusia yang selalu menyintai dan menyayangi lingkungan ini terimakasih.

sumber rujukan referensi : http://www.fajar.co.id/news.php?newsid=47749

mungkin sampai disini ulasan artikel tentang Dampak Pencemaran Udara Dalam Bidang Ekonomi, Estetika,Flora Fauna dan Kesehatan Manusia, semoga bermanfaat bagi kita semua dan jangan lupa untuk membaca artikel artikel lainnya dari blog yang sederhana ini terimakasih

0 komentar :

Post a Comment

Admin tidak selalu Online, jadi dimohon dalam berkomentar dengan baik dan benar serta sopan, jangan menautkan link aktif yang tidak relefan dengan postingan dan isi content blog.