Home » » Persyaratan Psikologis dan Fisiologis Rumah Sehat

Persyaratan Psikologis dan Fisiologis Rumah Sehat

Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi, karena tidak mungkin manusia hidup tampa rumah karena rumah digunakan untuk tempat berlindung dan tempat peristirahatan mahluk hidup pada kesempatan kali ini admin akan membahas artikel seputaran rumah dengan judul Persyaratan Psikologis dan Fisiologis Rumah Sehat dan pada kesempatan sebelumnya admin juga telah membahas seputaran rumah yang berjudul Konstruksi bangunan rumah tahan Gempa dan Angin puting beliung  

untuk menjadikan hunian rumah kita diaktegorikan rumah sehat maka banyak aspek yang harus diperhatikan, sebelum rumah tersebut dikategorikan rumah sehat. salah satu aspek yang diperlu diperhatikan adalah aspek psikologis dan aspek fisioolgis rumah tersebut. karena aspek-aspek ini menjadi aspek standardisasi paling penting untuk memnjadikan rumah tersebut menjadi sehat, jadi bagi para pengunjung blog yang ingin membeuat rumah sehat jangan lupa untuk memenuhi standar psikologis dan fisiologis rumah sehat ya.

dan untuk mengetahui jenis-jenis aspek rumah sehat ditinjau dari aspek psikologis dan fisiologis rumah bisa dilihat pada ulasan artikel dibawah ini :




Persyaratan Fisiologis
 
 
Aspek Rumah sehat ditinjau dari persyaratan fisiologis rumah harus memenuhi persyaratan fisiologis rumah diantaranya, kriteria ventilasi yang baik, pencahayaan yang cukup, terhindar dari kebisingan dan adanya lapangan rekreasi terutama untuk anak-anak bermain.
 
Ventilasi rumah.

Ventilasi merupakan hal yang penting untuk diperhatikan, rumah sebaiknya dibuat sedemikian rupa sehingga udara segar dapat masuk kedalam rumah, sehingga asap dan udara kotor, dapat hilang secara cepat. Hal ini dapat dicapai dengan menempatkan pintu dan jendela dengan posisi yang tepat, sehingga udara dapat masuk kedalam kamar-kamar dan ruangan ruangan lain didalam rumah. Fungsi fentilasi adalah : 
  • Menjaga agar aliran udara didalam rumah tetap segar.
  • Membebaskan udara dalam ruangan dari bakteri-bakteri terutama bakteri pathogen, karena aliran udara yang terus menerus. 
  • Menjaga ruangan agar kelembapan, dapat terjaga secara optimal. 
  • Pencahayaan
Sebuah rumah dapat dikatakan sebagai rumah yang sehat apabila memiliki pencahayaan yang cukup. Hal ini dikarenakan karena cahaya mempunyai sifat dapat membunuh bakteri atau kuman yang masuk kedalam rumah. Selain itu yang pelu diperhatikan tingkat terangnya cahaya tersebut. Kurangnya pencahayaan akan menimbulkan beberapa akibat pada mata, kenyamanan, sekaligus produktivitas seseorang. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa pencahayaan yang cukup dalam sebuah rumah sangat mem pengaruhi kesehatan orang yang ada didalamnya.
 
Kebisingan

Saat ini pengaruh kebisingan mulai diperhatikan oleh setiap orang, hal ini dikarenakan kebisingan dapat mengganggu kosentrasi dan kenyamanan seseorang apalagi kalau datangnya tiba-tiba seperti letusan contoh kecil letusan petasan dapat menggangu kehidupan. Orang yang menderita penyakit jantung bisa meninggal seketika karena adanya letusan tersebut. Rumah sehat adalah sebuah rumah yang bisa terhindar dari kebisingan/letaknya jauh dari sumber kebisingan.
 
Persyaratan Psikologis

Rumah sehat harus memiliki pembagian ruangan yang baik, penataan perabot yang rapi, tidak over cowding, dan sebagainya. Persyaratan psikologis over cowding menimbulkan efek efek negatif terhadap kesehatan fisik, mental, maupun moral. Penyebaran penyakit-penyakit menular yang padat penghuninya cepat terjadi. 
 
Selain itu, didaerah yang seperti ini, kesibukan dan kebisingan akan meningkat, yang akan menimbulkan gangguan terhadap ketenangan, baik individu, keluarga, maupun keseluruhan masyarakat disekitarnya. Selain itu, ketenangan dan kerahasiaan (privacy) setiap individu tidak akan terjamin dan akan mengakibatkan akses-akses menurunnya moral. Undang undang perumahan dibeberapa negara maju memberi wewenang terhadap pemerintah untuk menaggulangi masalah seperti ini. Rumah atau tempat tinggal dinyatakan over cowding bila jumlah orang yang tidur dirumah tersebut menunjukan hal-hal sebagai berikut.
  1. Dua individu dari jenis kelamin yang berbeda, dan berumur diatas sepuluh tahun dan bukan bersetatus sebagai suami istri, tidur didalam satu kamar.
    .
  2. Jumlah orang didalam rumah dibandingkan luas lantai telah melebihi ketentuan yang ditetapkan. Rumah sehat adalah sebuah rumah yang tidak over crowding ketenangan dan kenyamanan seseorang bisa terganggu jika tempat tinggal atau rumahnya termasuk golongan over crowding. 
Demikian ulasan mengenai  Persyaratan Psikologis dan Fisiologis Rumah Sehat semoga bisa menjadi sumber referensi dari pada pengunjung blog. dan jangan lupa ya untuk membaca tips-tips menarik lainnya dari blog yang sederhana ini terimakasih.

0 komentar :

Post a Comment

Admin tidak selalu Online, jadi dimohon dalam berkomentar dengan baik dan benar serta sopan, jangan menautkan link aktif yang tidak relefan dengan postingan dan isi content blog.