Home » » Cara Menghitung manual Jumlah kebutuhan Batako didalam Membangun Rumah

Cara Menghitung manual Jumlah kebutuhan Batako didalam Membangun Rumah

Pertumbuhan ekonomi yang semakin meningkat sehingga didalam membuat rumahpun diperlukan biaya yang semakin tinggi, sementara rumah merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi selain pangan dan sandang, karena kebutuhan poko manusia secara garis besar bisa diakumulasikan menjadi tiga bagian yaitu sandang pangan dan papan. kalkulasi dan perhitungan didalam membuat rumah sangat penting karena kita bisa mengetahui biaya dan anggaran yang akan kita keluarkan didalam membangun sebuah rumah tinggal. untuk itu pada kesempatan kali ini admin akan mencoba membahas seputaran artikel yang berjudul Cara Menghitung Jumlah kebutuhan Batako didalam Membangun Rumah pada kesempatan sebelumnya admin juga telah membahas seputaran artikel yang berjudul Cara Membuat Konstruksi Fondasi Rumah yang kokoh dan tidak mudah Retak /Patah

kesalahan perhitungan material didalam kita membuat rumah, maka akan menyebabkan pembekakan anggaran atau, kekurangan anggaran. jika hal itu terjadi maka akan menyebabkan kita kerepotan dihari pekerjaanya. sesuatu yang kita sudah rinci maka meleset. apalagi jika kita kerja dibagian konsultan maka menegernya langsung memecat kita kali ya?

dalam perhitungan sebuah bangunan rumah ada yang menggunakan aplikasi, jika kita menggunakan aplikasi mungkin lebih mudah tapi tidak semua pengunjung diblog ini juga memahami dalam penggunaan sebuah aplikasi hitungan rumah terebut. mungkin hanya-orang orang yang pernah belajar masalah aplikasi tersebut yang memahami dalam penggunaan aplikasi tersebut dan rumusnya.

untuk itu pda kesempatan kali ini admin akan mencoba membagikan Cara Menghitung Jumlah kebutuhan Batako didalam Membangun Rumah secara manual tanpa aplikasi. untuk itu terus simak postingan dibawah ini :

Baca juga : Syarat-Syarat Rumah Sehat yang harus anda ketahui?


Menghitung Ukuran Keseluruhan Luas Panjang rumah
  1. yang pertama kita harus mengetahui ukuran Ukuran rumah. misalnya kita asumsikan kita akan menghitung bangunan keliling rumah ukura 6 x 9 meter. dengan tinggi 3 meter.
  2. langsung saja kita hitung panjang keliling bangunan terebut /meter, 
  3. Jadi bangunan rumah ukuran 9 x 6 meter, memiliki panjang keliling bangunan keseluruhan 90 meter, didapat dari ( L+P x 2 x T ) 6 + 9 x 2 = 30  x 3 = 90 m.
Menghitung Ukuran dan kebutuhan Batako /meter ( dalam satu meter)
  1. misalkan kita asumsikan tinggi  dan panjang batako  ( T = 15 cm  dan P = 30 cm)
  2. tebal pemasangan nat batako 1,5 - 3 cm.
  3. dari ukuran batako dan tebal nat campuran dapat kita ketahui dalam 1 meter dinding rumah membutuhkan 18 buah batako. 
  4. Di dapat dari hitungan Tinggi 100 : 15 = 6.7 dikurangi pemasangan nat campuran maka total bersih batako 6 buah. untuk hitungan Panjang 100 : 30 = 3.33  dikurangin pemasangan nat jadi bersih 3 buah.
Menghitung Jumlah keseluruhan
  1. setelah kita mengetahui ukuran keseluruhan panjang rumah dan ukuran kebutuhan batako dalam permeter sekarang tinggal kita kalikan panjang keseluruhan rumah dengan kebutuhan batako dalam permeternya. PR = 90 meter x Kebutuhan batako per meter = 18 buah batako
  2. jadi Total kebutuhan batako dalam bangunan rumah keliling dengan ukuran 9 x 6 meter = 1.620 Batako. 
  3. belum dikurangi luas pintu dan jendela dalam pembuatan rumah. untuk luas pintu dan jendela tergantung dari jenis dan model rumah, tetapi saya sarankan untuk dikurangi 10 % dari total keseluruhan untuk luas pintu dan jendela yang tidak dipasangi batako. jika diambil 10 %  maka 1620 - 162 = 1.458 batako
Menghitung Kebutuhan semen yang dibutuhkan

kita telah mengetahui ukuran batako 30 x 15, pembuatan batako membutuhkan 6 argo full 1 bantal semen dan menjadi 90  buah batako. jadi, total keseluruhan batako dibagi jumlah batako dalam pencetakan / 1 bantal semen = 1.458 : 90 = 16.2 karung semen. untuk rumah dengan ukuran yang berbeda anda bisa menghitung kebutuhan batako secara manual dengan cara ini. tinggal anda rubah ukuran sesuai rumah yang anda inginkan.

demikian ulasan artikel Cara Menghitung Jumlah kebutuhan Batako didalam Membangun Rumah, semoga bermanfaat bagi para pengunjung. dan jangan lupa untuk membaca tip-tips menarik tentang rumah dari blog sederhana ini terimakasih.


0 komentar :

Post a Comment

Admin tidak selalu Online, jadi dimohon dalam berkomentar dengan baik dan benar serta sopan, jangan menautkan link aktif yang tidak relefan dengan postingan dan isi content blog.