Home » » cara memperbaiki dinding beton rumah yang retak

cara memperbaiki dinding beton rumah yang retak

Bangunan adalah wujud fisik hasil pekerjaan konstruksi yang menyatu dengan tempat kedudukan baik yang ada di atas, di bawah tanah dan/atau di air. Bangunan biasanya dikonotasikan dengan rumah, gedung ataupun segala sarana, prasarana atau infrastruktur dalam kebudayaan atau kehidupan manusia dalam membangun peradabannya seperti halnya jembatan dan konstruksinya serta rancangannya, jalan, sarana telekomunikasi, dan lain-lain. 

pembanguna rumah yang kurang mengikuti standar konstruksi biasa menyebabkan efek-efek bangunan yang negative, misalnya dindingnya mudah retak, pondasi bangunan patah atap rumah mudah tertiup angin encang dan lain sebagainya, untuk itu sangat disarankan dalam pembangunan rumah selalu mengikuti standar konstruksi nasional yang telah ditetapkan oleh SNI. 


dalam pembangunan sebuah rumah sangat direkomendasikan melalui pengawasan yang ketat, dikarenakan begitu pentingnya rumah menjadi menjadi tempat tinggal hunian mahluk hidup, tujuanya adalah agar bila terjadi bencana alam ataupun sejenisnya setidaknya bangunan rumah yang kuat dan kokoh akan memberi kesempatan sang penghuni untuk berlindung.

banyak sekali sekarang bangunan rumah yang baru ditinggali satu bulan mengalami keretakan pada dinding, dan lain sebagainya. hal itu terjadi mungkin karena faktor konstruksi tanah yang bergeser, pencampuran material yang kurang baik, dan pemasangan yang kurang baik pula.

terus gimana sih cara memperbaiki dinding rumah yang terlanjur retak agar retak tersebut tidak terjadi lagi, untuk melakukan hal tersebut coba simak pada ulasan dibawah ini :


Memperbaiki dinding beton rumah yang retak Ringan

keretakan pada dinding beton rumah bisa berupa keretakan ringan dan keretakan berat. keretakan ringan adalah keretakan dinding bangunan yang hanya retak kecil dan selamnya retak kecil tidak menjadi retak besar. Sedangkan keratakan berat adalah keretakan dinding rumah akibat pergeseran tanah atau tanah tidak mampu untuk menompang beban bangunan dan sebagian tanah bergerak turun kebawah mengakibatkan posisi bangunan yang tidak imbang atau beban berat sebelah sehingga menimbulkan keretakan pada dinding. semakin tahun keretakan semakin membesar. cara mengatasi keretakan ringan adalah sebagai berikut
  1. dengan cara renovasi dinding yaitu dengan cara , membetel dinding selebar 10 cm yang retak hingga tembus sebelah jika retaknya tembus sebelah dinding sampai batas panjang retakkan kemudian buat material cor, denga perbandingan 1 semen 1 leam FOX dan 2 matrial pasir 1 matrial krikil. kemudian corlah dinding yang telah anda betel tadi.
    .
  2. suntik dengan acian semen dicampur lem fox buat adonansemen berbanding 1 :1 kemudian tutup retakan dinding sebelah pakek triplex dan masukan adonan semen sepeti acian kedalam retakan dinding tersebut.
    .
  3. jika retaknya sangat kecil atau retak rambut, maka anda cukup menggunakan leam Fox dicampur dempul, dan oleskan pada dinding yang retak tersebut. usahakan dempul masuk didalam retakan dinding tersebut.

 Memperbaiki dinding beton rumah yang retak Berat
  1. dengan pemasang  besi urat bentuk Z atau besi stack .kedalam dinding caranya betel dinding sekitar 30 cm dari retakan tersebut, kemudian pasanglah besi berbentuk Z kedalam dinding dan kemudian tutuo dengan campuran semen.

  2. jika cara diatas sudah tidak mengatasi masalah maka langkah terakhir adalah dengan cara menyuntikan cakar ayam kedalam pondasi dindang yang retak. guna untuk menahan pergeseran tanah akibat beban berat bangunan.

demikian ulasan masalah cara memperbaiki dinding beton rumah yang retak semoga bermafaat bagi para pengunjung sekalian

0 komentar :

Post a Comment

Admin tidak selalu Online, jadi dimohon dalam berkomentar dengan baik dan benar serta sopan, jangan menautkan link aktif yang tidak relefan dengan postingan dan isi content blog.