Home » » Tugas Pokok Dan Fungsi Karang Taruna

Tugas Pokok Dan Fungsi Karang Taruna

Pentingnya Karang Taruna didalam sebuah pemerintahan desa dalam mempersatukan pemuda desa, dan menjaga serta mendidik pemuda desa, untuk itu pada kesempatan kali ini admin akan membahas seputaran artikel yang berhubungan dengan karang taruna dengan judul Tugas Pokok Dan Fungsi Karang Taruna pada kesempatan sebelumnya admin  juga telah membahas seputaran artikel yang berkaitan dengan karang taruna dengan judul "Contoh Program Kerja Karang Taruna  jangan lupa dibaca ya sobat "

Karang Taruna merupakan wadah pemuda dalam suatu desa, jika suatu Desa tidak memiliki organisasi karang taruna maka jalanya pemerintah desa dalam melaksanakan kewajiban serasa pincang, engan adanya karang taruna maka banyak hal yang bisa membantu jalannya pemerintahan desa karena karang taruna bisa menyatukan pemuda yang ada dalam desa.

Banyak sekali fungsi dan manfaat karang taruna yang ada didalam suatu Desa, contohnya karang taruna bisa mampu menyatukan pemuda desa karena karang taruna sebagai wadah pemuda, karang taruna bisa membantu kerja bakti/gotong royong, karang taruna bisa menjadi pelindung Desa disaat ada ancaman dari luar desa yang ingin mengganggu. karang taruna bisa membantu pendapatan asli Desa (PAD), karang taruna siap membantu pemerintah desa dalam segi apapun jika desa membutuhkan. dan masih banyak lagi fungsi karang taruna seperti dalam bidang pendidikan olah raga seni dll. untuk itu disarankan bagi setiap desa yang belum mempunyai organisasi karang Taruna dimohon untu segera membentuk keorganisasian karang taruna didalam  suatu Desa.


Setiap Karang Taruna mempunyai tugas pokok secara bersama – sama dengan Pemerintah dan komponen masyarakat lainnya untuk menanggulangi berbagai masalah kesejahteraan sosial terutama yang dihadapi generasi muda, baik yang bersifat preventif, rehabilitatif, maupun pengembangan potensi generasi muda di lingkungannya.



Untuk itu pada kesempatan kali ini admin akan mencoba mengutip inti dasar dari pada Fungsi Karang Taruna yang dirumuskan dalam Pemensos RI Nomor 77 Tahun 2010 tentang Pedoman Dasar Karang Taruna adalah:
  1. Penyelenggara Usaha Kesejahteraan Sosial; 
  2. Penyelenggara Pendidikan dan Pelatihan bagi masyarakat; 
  3. Penyelenggara pemberdayaan masyarakat terutama generasi muda di lingkungannya secara komprehensif, terpadu dan terarah serta berkesinambungan; 
  4. Penyelenggara kegiatan pengembangan jiwa kewirausahaan bagi generasi muda di lingkungannya; 
  5. Penanaman pengertian, memupuk dan meningkatkan kesadaran tanggung jawab sosial generasi muda; 
  6. Penumbuhan dan pengembangan semangat kebersamaan jiwa kekeluargaan, kesetiakawanan sosial dan memperkuat nilai – nilai kearifan lokal dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia; 
  7. Pemupukan kreativitas generasi muda untuk dapat mengembangkan tanggung jawab sosial yang bersifat rekreatif, kreatif, edukatif, ekonomis produktif dan kegiatan praktis lainnya dengan mendayagunakan segala sumber dan potensi kesejahteraan sosial di lingkungannya secara swadaya; 
  8. Penyelenggaraan rujukan, pendampingan dan advokasi sosial bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial; 
  9. Penguatan sistem jaringan komunikasi, kerjasama, informasi dan kemitraan dengan berbagai sektor lainnya; 
  10. Penyelenggara usaha – usaha pencegahan permasalah sosial yang aktual.
Dari berbagai macam pengertian Tugas Pokok Dan Fungsi Karang Taruna yang telah dikemukakan oleh Pemensos RI Nomor 77 Tahun 2010, dapat disimpulkan bahwa Karang Taruna Suatu desa disini sangat berperan aktif didalam mengembangkan kemajuan suatu desa. karena peran karang taruna disini bukan hanya sebagai penonton tetapi sebagai penyelenggara suatu kegiatan baik dalam bidang pemberdayaan, Usaha, Pelatihan, Penumbuhan bakat pemuda, Keagamaan,Olah raga, seni dan lain-lain.

Baca Juga : "Cara membuat sistematika penulisan pendahuluan Latar belakang proposal atau makalah

Untuk itu diharapkan bagi pemerintah desa, bisa bekerjasama dengan Karang taruna yang ada dalam sebuah Desa, karena kemajuan suatu desa terletak dipundak generasi muda, jadi jika generasi muda yang ada didalam suatu desa, mempunyai bakat, wawasan yang modern, dan budi pekerti yang luhur. jelas kemajuan suatu desa tersebut akan menjadi lebih maju dari desa-desa lainnya. dan diharapkan kepada pemerintah desa mau bekerja sama dalam bidang apapun terkait masalah program kerja instansi tersebut. semua itu demi kemajuan bersama.

Demikian Ulasan Artikel mengenai Tugas Pokok Dan Fungsi Karang Taruna. semoga bisa bermanfaat bagi para pengunjugnsemuanya dan jangan lupa untuk membaca artikel artikel menarik lainnya dari blog yang sederhana ini terimaksih.

0 komentar :

Post a Comment

Admin tidak selalu Online, jadi dimohon dalam berkomentar dengan baik dan benar serta sopan, jangan menautkan link aktif yang tidak relefan dengan postingan dan isi content blog.