Home » » Cara Mencegah terjadinya Erosi Gigi

Cara Mencegah terjadinya Erosi Gigi

Gigi merupakan salah satu organ tubuh manusia, yang berfungsi untuk menguyah,mencabik dan melembutkan makanan sebelum makanan tersebut masuk kedalam tubuh manusia. peranan gigi sangat penting sekali dalam metabolisme pencernaan makanan dalam tubuh. untuk itu, pada kesempatan kali ini admin akan mencoba, membahas seputaran artikel yang berjudul Cara Mencegah terjadinya Erosi Gigi. pada kesempatan sebelumnya admin juga telah mencoba membahas seputaran artikel yang berjudul "Tips Mudah Menghilangkan Capek dan pegal-pegal pada badan "jangan lupa untuk dibaca ya?.

Mencegah lebih baik dari pada pengobatan, itulah semboyan yang sering kita dengar dari orang-orang intelektual. memang benar jika dipikir kita lebih baik mencegah penyakit dari pada mengobati penyakit. karena ditinjau dari segi apapun tetap lebih bagus mencegah datangnya penyakit dari pda harus mengobati penyakit yang ada dalam tubuh kita.

Erosi gigi atau dental erosion adalah terkikisnya enamel gigi yang disebabkan oleh asam. Enamel adalah lapisan keras pelindung gigi, yang melindungi dentin yang sensitif. Apabila enamel terkikis, dentin di bawahnya akan terekspos, yang dapat menyebabkan rasa sakit dan sensitivitas.

Erosi gigi dapat disebabkan oleh: Konsumsi minuman ringan berlebih (kadar fosfor dan asam sitrat yang tinggi) Minuman dari buah (beberapa asam pada minuman dari buah lebih erosif daripada asam baterai) Mulut kering atau air liur yang sedikit (xerostomia) Makanan (tinggi akan gula dan pati) Asam lambung, Gangguan pencernaan, Obat-obatan (aspirin, antihistamin), Genetik (kondisi turunan) Faktor lingkungan (gesekan, keausan, stres, dan korosi). dikutip dari sumber : https://hellosehat.com/penyakit/penyakit-erosi-gigi/

bagi anda yang pernah menderita sakit gigi, pastinya akan merasakan sakit yang  luar biasa. karena pepatah orang yang sakit gigi, lebih baik sakit hati ini dari pada sakit gigi ini. sakit gigi bisa berupa dari erosi gigi. karena gigi yang erosi jika dibiarkan lama kelamaan bisa menyebabkan gigi sakit. dan berlubang.  bukan itu saja, malasnya kita dalam membersihkan gigi juga bisa menyebakan erosi pada gigi, karena sisa-sisa makanan yang ada dalam mulut/gigi membuat gigi-gigi tersebut rentan terhadap serangan bakteri yang tidak baik untuk gigi. belum lagi jika ada bahan makanan yang banyak mengandung zat asam, maka resikonya terjadi erosi gigi sangat rentan terjadi.

Tujuan dari program pencegahan erosi gigi adalah untuk mencegah terhadap erosi gigi akibat keasaman dalam rongga mulut . yaitu berupa suatu rencana perlindungan pada pekerja yang bekerja pada lingkungan asam. Secara umum sudah harus dipikirkan program pencegahan erosi gigi bila dalam suatu lingkungan asam pekerja mengeluh sebagai berikut

1. Mulut terasa asam
2. Gigi terasa ngilu
3. Lingkungan berbau asam sulfat

Untuk itu bagi para pengunjung sangat disarankan untuk selalu membersihkan giginya, dengan cara sikat gigi. agar gigi anda tidak mudah terserang kuman dan tidak mudah terkena erosi gigi. minial 2 kali sehari dan maksimal 3-5 kali sehari.  Program pencegahan erosi gigi tidak hanya mendeteksi terjadinya erosi gigi secara dini akibat keasaman mulut namun jugai mencegah terjadinya gangguan saluran pencemaan ( Gilleland, 1986 ). Secara umum empat metode yang dibicarakan pada literatur untuk mengontrol erosi yaitu :

1. Berkumur mulut dengan larutan antasid atau mengkonsumsi tablet antacid sesegera mungkin setelah episode erosi terjadi, misal setelah terasa asam atau setelah muntah.

2. Berkumur dengan fluoride netral sesegera mungkin setelah mendapat paparan asam.

3. Kombinasi dari keduanya. Hal tersebut dipercaya bahwa berkumur fluoride netral dilakukan pertama kemudian diikuti dengan berkumur antasid. Hal ini dapat menyebabkan fluoride berinterporasi lebih dalam pada permukaan lunak gigi, untuk memulai proses remineralisasi.

4. Dianjurkan juga kepada pekerja /maasyarakat untuk menyikat gigi dengan sikat gigi yang lembut dengan arah vertikal dan dapat juga dengan pasta gigi yang mengandung baking soda. Didalam penelitian ini peneliti mencoba membuat program pencegahan erosi gigi dengan baking soda 1 % dengan tujuan untuk menetralkan kadar asam dalam rongga mulut.

demikian artikel ulasan tentang  Cara Mencegah terjadinya Erosi Gigi. semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. dan janagan lupa untuk membaca tips-tips menarik lainnya dari blog yang sederhana ini terimakasih.

0 komentar :

Post a Comment

Admin tidak selalu Online, jadi dimohon dalam berkomentar dengan baik dan benar serta sopan, jangan menautkan link aktif yang tidak relefan dengan postingan dan isi content blog.